Berita Kalteng

Gelar Rakor Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah di Kapuas, ini Tujuannya

Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2021 dan Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD)

Gelar Rakor Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah di Kapuas, ini Tujuannya
tribunkalteng.com/fadly
Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor saat membuka sekaligus menyampaikan sambutan pada Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021 dan Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Tahun 2020 yang digelar di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas, Rabu (22/1/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2021 dan Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Tahun 2020 digelar di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, Rabu (22/1/2020).

Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor.

Dalam arahannya ia menerangkan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) adalah pengelolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah dan informasi Pemerintahan Daerah lainnya.

"Semua saling terhubung untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan daerah," kata Nafiah.

Dilanjutkannya, sistem terpadu dan terintegrasi ini merupakan amanah dari Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 yang merupakan perubahan Permendagri Nomor 98 Tahun 2018 tentang SIPD.

Tenaga Honorer Se-Indonesia Bakal Dipensiunkan, Hanya Pegawai Berdasarkan UU yang Dipertahankan

Hasil Autopsi Jenazah Lina, Mantan Sule Keluar Pekan Ini? Dokter Diperiksa Soal Ibu Rizky Febian

Penyelamatan Kucing yang Terjebak di Flyover Banjarmasin, Dilakukan Tim Animal Rescue Hingga Malam

"Ini sangatlah penting dalam rangka sinkronisasi serta harmonisasi rencana pembangunan dan keuangan daerah yang mana nantinya mencadi acuan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di daerah," ungkapnya.

Disampaikannya pula, pembangunan yang mensejahterakan adalah pembangunan yang dimulai dari perencanaan yang tepat sasaran dan membutuhkan komintmen dari seluruh pihak dalam penerapan SIPD.

Sebagai upaya mewujudkan rencana pembangunan daerah yang berkualitas," tandasnya.

Nafiah pun berharap melalui rapat dan pelatihan ini dapat memperdalam implementasi terhadap Substansi Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintahan daerah secara interaktif dan mendetail .

"Dengan saling bertukar pikiran antara narasumber dengan seluruh peserta melalui mekanisme diskusi sehingga nantinya akan menghasilkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efesien," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Ahmad Muhammad Saribi dalam laporannya menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Kapuas.

Yakni dalam rangka menginput data yang menjadi kewajiban masing-masing Perangkat Daerah ke aplikasi SIPD sebagai upaya koreksi data yang masuk agar akurasi data lebih terjaga.

Ditambahkannya narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Besse Vina Miranda dan Mustafa dari PT Global Intermedia Nusantara Yogyakarta.

"Pesertanya terdiri dari Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah serta Sekretaris Desa lingkup Kabupaten Kapuas," bebernya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved