Bumi Antaludin

Rayakan HUT ke -39, Loksado Suguhkan Buah Langka, Bupati HSS Pun Disambut Tari Anghanah Meratus

Kecamatan di Pegungan Meratus wilayah Hulu Sungai Selatan ini menjadi agenda terakhit memperingatan ulang tahun seluruh kecamatan pada 2020.

Rayakan HUT ke -39, Loksado Suguhkan Buah Langka, Bupati HSS Pun Disambut Tari Anghanah Meratus
protokol dan kehumasan pemkab hss
Bupati HSS memberikan nasi tumpeng kepada Plt Camat Loksado pada puncak peringatan HUT Loksado ke-39. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Hari Jadi Kecamatan Loksado ke-39, diperingati Rabu (22/1/2020).

Kecamatan di Pegungan Meratus wilayah Hulu Sungai Selatan ini menjadi agenda terakhit memperingatan ulang tahun seluruh kecamatan pada 2020.

Tak kalah meriah dengan 10 kecamatan lainnya, Loksado menampilkan hal berbeda. Lokasi kegiatan, berada di spot dimana view alam Loksado terbentang indah dengan udara sejuk halaman Kantor Camat.

Kehadiran Bupati HSS H Achmad Fikry, beserta Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah pun, disambut meriah dengan tarai kreasi Anghanah, yang dibawakan anak-anak Loksado yang tergabung di sanggar Pusaka Meratus.

Memakai kostum adat, menari dengan riang dan gembira, sesuai dengan makna taraian. Yaitu menggambarkan suka cita dan keterbukaan terhadap tamu kehormatan yang berkunjung ke Loksado.

Bupati HSS dan istri Hj Isnaniah, mencicipi salah satu buah langka dari Loksado, saat HUT ke-39 Loksado, Rabu (22/1/2020).
Bupati HSS dan istri Hj Isnaniah, mencicipi salah satu buah langka dari Loksado, saat HUT ke-39 Loksado, Rabu (22/1/2020). (protokol dan kehumasan pemkab hss)

Hal istimewa lainnya, adalah disuguhkannya aneka buah langka, seperti binturung, kulindang, maritam, plajaua, minjalin luying serta jenis buah langka lainnya dari alam pegunungan Meratus.

Tak ketinggalan, sajian buah durian yang saat ini sedang berlimpah di Loksado. Para undangan pun dipersilakan mencicipi buah-buahan tersebut selama persediaan ada.

Plt Camat Loksado Rudi Agus Firmansyah, melaporkan, HUT ke-39 LoBupat Iksado, mengusung tema “Loksado Aruh Babaya, Gawi Sasamaan, Wan Sasama Tarasa Sagalanya”. Babaya dalam bahasa Loksado artinya sama-sama. Sedangkan Aruh adalah syukuran atas limpahan rezeki dari Tuhan Yang Maha Kuasa. “jika digabungkan, Aruh Babaya, artinya rasa syukur atas hasil yang dicapai bersama.

Sementara, Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan di periode kedua kepempmpinannya, seluruh Loksado harus teraliri jaringan listrik PLN.

“Ini target kami. Kita bersyukur gotong royong warga disini sangat kuat. Begitu ada pemasangan jaringan PLN, masyarakat membantu mengangkat tiang listriknya. Itu bukti dukungan masyarakat terhadap pembangunan,” katanya.

Penampilan penari dari sanggar Pusaka Meratus saat menyambut kedatangan Bupati HSS dan rombongan.
Penampilan penari dari sanggar Pusaka Meratus saat menyambut kedatangan Bupati HSS dan rombongan. (protokol dan kehumasan pemkab hss)

Sebagai kado HUT ke-39, Bupati mengatakan, 2020 ini dibangun lapangan futsal. “Anggaran sudah disiapkan. Tingal masyarakat menyiapkan tanah dan lokasinya. Ada dua pilihan, di Lumpangi atau Loksado. Tolong disepakati agar pemerintah segera merealisasikannya,” katanya.

HUT Lokado dirangkai penyerahan bingkisan peralatan sekolah untuk anak asuh GNOTA di seluruh desa oleh Hj Isnaniah.

Dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan oleh Bupati HSS kepada para kepala desa yang berhasil memungut PBB. Ditutup meninjau stand kuliner khas Loksado serta buah-buah lokal. (aol/*)

Penulis: Hanani
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved