Berita Kalteng

Aneh, Pacarnya Jurnalis Asal Amerika di Penjara di Palangkaraya, Sang Pacar Malah Bangga, Ada Apa?

Seorang jurnalis lingkungan Mongabay.com asal Amerika Serikat, Philip Myrer Jacobson ditahan pihak Imigrasi Palangkaraya

Aneh, Pacarnya Jurnalis Asal Amerika di Penjara di Palangkaraya, Sang Pacar Malah Bangga, Ada Apa?
banjarmasinpost.co.id/faturahman
Illya Sumanto, kekasih dari Philip Myrer Jacobson, jurnalis asal Amerika Serikat. Jurnalis sebuah media online ituditahan pihak Imigrasi Palangkaraya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Seorang jurnalis lingkungan Mongabay.com asal Amerika Serikat, Philip Myrer Jacobson ditahan pihak Imigrasi Palangkaraya hingga dijebloskan ke Rumah Tahanan Negara Palangkaraya, sejak Selasa (21/1).

Imigrasi Palangkaraya, melakukan penahanan terhadap jurnalis asal Amerika tersebut, lantaran diduga selama di Indonesia menyalahi izin tinggal, dan sudah berulang kali melakukan hal yang sama.

Editor pemenang penghargaan internasional itu menghadapi tuduhan pelanggaran Undang-undang Imigrasi tahun 2011 dengan ancaman hukuman penjara hingga lima tahun.

Wartawan media online ini, hingga, Rabu (22/1) masih mendekam di rumah tahanan negara sembari menunggu proses hukum hingga 20 hari kedepan karena kasusnya masih diproses hukum oleh pihak Imigrasi Palangkaraya, untuk selanjutnya maju ke pengadilan.

Tenaga Honorer Se-Indonesia Bakal Dipensiunkan, Hanya Pegawai Berdasarkan UU yang Dipertahankan

Teman dekat atau kekasih, Philip Jacobson, yakni, Illya Sumanto, asal Malaysia, saat diwawancarai BPost di kantor advokat yang menangani kasus ini, mengatakan, orangtua Philip telah mengetahui kasus yang dihadapi Philip di Palangkaraya dan mereka berusaha tetap tenang. “Ya, ibu Philip di Unites State sudah tahu tentang penahanan dia di sini, tetapi tetap tenang. Saya juga sama tetap tenang saja, malah kami merasa bangga, dengan apa yang dilakukannya karena tujuannya baik.Karena dia memperjuangkan masyarakat selama di sini,” ujarnya lagi.

Tenaga Honorer Se-Indonesia Bakal Dipensiunkan, Hanya Pegawai Berdasarkan UU yang Dipertahankan

Buka Akses Jalan Desa Malilingin HSS Menuju Desa Batung Tapin

Philip Jacobson Tinggal di Bali Tertarik Peladang Tradisional Kalteng, Ini Tanggapan Walhi Kalteng

Sementara itu, Kepala Seksi Penindakan Imigrasi Kota Palangkaraya, Syukran, Rabu (22/1) membenarkan jurnalis asing tersebut, menyalahi izin tinggal, selama berada di Palangkaraya sehingga diproses hukum.

Dia mengatakan, selama melakukan kunjungan di Palangkaraya, warga AS tersebut, tidak mentaati aturan yang berlaku di NKRI. Visa kunjungan bisnis, tetapi malah dipakai untuk bekerja sebagai jurnalis. “Ini murni tindak pidana keimigrasian tidak ada motif lain, karena kami hanya menegakkan aturan,” ujarnya.

Illya Sumanto, kekasih dari Philip Myrer Jacobson, jurnalis asal Amerika Serikat. Jurnalis sebuah media online ituditahan pihak Imigrasi Palangkaraya.
Illya Sumanto, kekasih dari Philip Myrer Jacobson, jurnalis asal Amerika Serikat. Jurnalis sebuah media online ituditahan pihak Imigrasi Palangkaraya. (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Ini, kata dia, seperti yang terpantau pihak Imigrasi pada situs Mongabay.com yang tentunya tidak sesuai dengan izin kunjungan bisnis seperti yang tertera pada visa izin tinggal selama di Indonesia. “Dalam visa tersebut sudah ada penjelasan dilarang bekerja, tapi itu tidak ditaati,” ujarnya.

Terungkap pula, sebelum ditangkap karena dugaan pelanggaran visa di Palangkaraya, Philip Jacobson, jadi tahanan kota selama sebulan. Dalam rilis yang dikeluarkan Mongabay.com dijelaskan, Jacobson, 30, jadi tahanan kota sejak 17 Desember 2019, setelah menghadiri sidang dengar pendapat di DPRD Kalteng dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), kelompok advokasi hak-hak adat terbesar di Indonesia, soal “peladang” di kalangan adat.

Adapun kuasa hukum Philip Myrer Jacobson, Aryo Nugroho, saat ditemui di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia Palangkaraya, mengatakan, kedatangan Philip ke Palangkaraya sebenarnya untuk menulis berta tentang peladang berpindah di Kalteng.

Philip saat berada di Lapas Palangkaraya, Kalteng saat di temui pengacaranya Aryo Nugroho.
Philip saat berada di Lapas Palangkaraya, Kalteng saat di temui pengacaranya Aryo Nugroho. (Jurnalis Mangobay Kalteng)

Menurut dia, kedatangannya ke Palangkaraya terlebih dahulu menemui rekannya yang juga adalah wartawan Mongabay.com yang ada di Palangkaraya. “Dia sempat bertemu dengan kelompok peduli adat lokal Aman, sehingga juga ikut peliputan saat diadakan pertemuan tentang peladang dengan DPRD Kalteng,” ujarnya.

Namun dua hari setelah itu, pihak Imigrasi datang ke tempat tinggal sementara atau guest house Philip tinggal.”Saat itu petugas menahan parport sama visa Philip di tahan, karena dianggap melanggar izin tinggal selama berada di Kota Palangkaraya.(banjarmasinpost.co.id/tur)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved