Berita Kalteng

Ditahan Imigrasi Palangkaraya, Philip Jacobson Menempuh Jalur Diplomatik Lewat Kedutaan AS

Jurnalis asal Amerika Serikat yang menjadi editor di situs Mongabay.com melalui pengacaranya terus berupaya secara hukum dan diplomatik melawan tindak

Ditahan Imigrasi Palangkaraya, Philip Jacobson Menempuh Jalur Diplomatik Lewat Kedutaan AS
tribunkalteng.co/fathurahman
Suasana Kantor LBH di Jalan RTA Milono Palangkaraya yang memberikan pembelaan terhadap Philip Myrer Jacobson, Jurnalis asal Amerika Serikat yang saat ini di tahan di Rutan Palangkaraya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Jurnalis asal Amerika Serikat yang menjadi editor di situs Mongabay.com melalui pengacaranya terus berupaya secara hukum dan diplomatik melawan tindakan imigrasi Palangkaraya yang memenjarakannya akibat menyalahi izin tinggal di Kalteng.

Pengacara Philip Myrer Jacobson, Aryo Nugroho, mengatakan, pihaknya terus membantu kliennya agar keluar dari penjara, karenanya upaya hukum juga dilakukan termasuk upaya diplomatik melalui Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

"Kami sebagai pendamping akan terus berupaya agar Philip tidak diproses secara hukum, karena kesalahannya adalah visa yang menyalahi izin tinggal, artinya hanya kesalahan administrasi, upaya diplomatik juga dilalukan untuk membantu philip," ujar Aryo.

Ulah Jessica Iskandar Akhirnya Bikin Nia Ramadhani Protes, Istri Ardi Bakrie: Aku Ada Mulu

Alasan Utama Harta Gono Gini Lina Diserahkan pada Putri Delina, Warisan Mantan Sule Senilai Rp 10 M

Yenny Wahid Mengaku Ditodong Senjata Laras Panjang di Kepala oleh Anggota ABRI di Ring Road Trisaksi

Dikatakan dia, kasus yang menimpa kliennya hanyalah masalah administrasi, selayaknya pihak Imigrasi Palangkaraya sebelum melakukan upaya hukum terlebih dahulu melakukan upaya diplomatik, karena kasus klien mereka bukanlah kasus pidana.

Menurut Aryo, saat ini kewenangan penanganan kasus hukum Philip Myrer Jacobson masih dilakukan oleh pihak Imigrasi, belum sampai kepada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah.

"Pihak kami berupaya agar kasusnya tidak dilanjutkan," ungkapnya.

Sementara itu, Kantor Imigrasi Palangkaraya, hingga, Kamis (23/1/2020) terus melakukan proses hukum terhadap penyalahgunaan visa izin tinggal yang dilakukan warga Amerika Serikat tersebut.

"Kasus tetap kami jalankan, kami masih melakukan pemberkasan dengan melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan dan saksi lainnya. Negara ini punya aturan untuk warga asing yang datang dan harus ditaati, suah ketentuan itu," ujar Syukran, penyidik PPNS Kantor Imigrasi Palangkaraya.

banjarmasinpost.co / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved