Lifestyle

Galuh Banjar Ini Sangat Suka Musik Panting, Begini Pengalaman Manggungnya

Ia juga sangat menyukai musik panting. Bahkan Wakil IV Galuh Banjar 2019 Tanahlaut ini bergabung pada dua grup musik khas Kalsel itu.

Galuh Banjar Ini Sangat Suka Musik Panting, Begini Pengalaman Manggungnya
istimewa
Firdha Regita Cahyani sangat suka dengan musim panting 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Gadis manis Banua ini, Firdha Regita Cahyani, tak cuma piawai berlenggak-lenggok di karpet merah.

Ia juga sangat menyukai musik panting. Bahkan Wakil IV Galuh Banjar 2019 Tanahlaut ini bergabung pada dua grup musik khas Kalimantan Selatan (Kalsel) itu.

Grup musik panting yang ia ikuti yakni Kambang Kananga yang berada di sekolahnya yakni di SMAN 1 Batibati. Lalu, grup Musik Panting Tuntung Pandang yang berada di Desa Bentok, Kecamatan Batibati.

"Tapi yang di Grup Panting Kambang Kananga, saat ini saya kurang aktif lagi karena sedang fokus menghadapi ujian. Kalau yang di Grup Panting Tuntung Pandang masih aktif," ucap Firdha, Kamis (23/1/2020).

Gadis rupawan ini menjadi vokalis pada grup musik tradisional tersebut. Sekadar diketahui, Firdha memiliki talenta tarik suara yang telah teruji dan kerap menjuarai berbagai lomba menyanyi hingga ke tingkat provinsi Kalsel.

Dua Pemuda Tabalong Kalsel Diamankan, Diduga sebagai Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur

Yuk Daftar Perwira Prajurit Karier TNI 2020, Ini Syarat dan Caranya

Hasil Autopsi Jenazah Lina Disinggung pada Sule, Ayah Rizky Febian & Putri Delina Beri Jawaban Ini

VIRAL Video, Gadis Belia Dibebaskan Berbuat Mesum dengan Banyak Pria, Misinya Cari Suami Idaman Hati

Ia juga kerap manggung pada acara hiburan musik pada pesta perkawinan maupun acara lainnya. Firdha juga bergabung pada grup musik elekton sehingga kerap diajak manggung di sejumlah tempat. Selain lagu-lagu dangdut, ia juga kerap melantunkan tembang pop serta pop Jawa.

Firdha mengaku senang bisa berkecimpung pada grup musik panting. Setidaknya melalui jalur tersebut dirinya bisa turut serta melestarikan khazanah budaya lokal. Sekaligus agar kawula muda lainnya turut menyukai musik tersebut.

Lagu yang paling sering ia lantunkan di antaranya Baras Kuning, Ampat Lima, dan Paris Barantai. "Kalau request, biasanya orang sering minta lagu berjudul Halin. Kalau lagu andalan saya judulnya Marista," paparnya.

Dirinya lumayan sering mendendangkan lagu Marista, termasuk saat mengikuti lomba lagu Banjar. Seperti pada lomba di Siring Tendean Banjarmasin beberapa waktu lalu dan dirinya sukses meraih juara pertama dan juara kedua pada lomba serupa di Taman Kamboja Banjarmasin.

Dikatakannya, teknik vokal musik panting sedikit berbeda dibanding genre musik lain yaitu cengkok yang lebih berayun.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved