Otomotif

Mau Bikin Mobil Rumah untuk Keluarga? Ini Mobil yang Disarankan Pihak Karoseri

Recreational Vehicle (RV) di Indonesia masih merupakan kendaraan yang baru. Belum ada lima tahun jenis mobil ini berkeliaran di jalanan di Indonesia

Mau Bikin Mobil Rumah untuk Keluarga? Ini Mobil yang Disarankan Pihak Karoseri
Kompas.com/Fathan Radityasani
interior motorhome karoseri. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BOGOR – Recreational Vehicle (RV) di Indonesia masih merupakan kendaraan yang baru. Belum ada lima tahun jenis mobil ini berkeliaran di jalanan di Indonesia. Populasinya pun belum sebanyak kendaraan besar lainnya.

Jika RV di luar negeri memiliki modelnya sendiri, di Indonesia masih menggunakan basis dari mobil biasa atau dari sasis truk empat roda Long Wheel Base (LWB).

Pembuatannya bisa dilakukan melalui karoseri. Untuk pembuatan RV dengan basis mobil biasa, lebih baik mencari bahan yang memang luas interiornya.

VIRAL Video, Gadis Belia Dibebaskan Berbuat Mesum dengan Banyak Pria, Misinya Cari Suami Idaman Hati

Yenny Wahid Mengaku Ditodong Senjata Laras Panjang di Kepala oleh Anggota ABRI di Ring Road Trisakti

Tenaga Honorer Se-Indonesia Bakal Dipensiunkan, Hanya Pegawai Berdasarkan UU yang Dipertahankan

Nadim, Sales Marketing dari Karoseri PT Bahana Selaras (Baze) di Bogor mengatakan kalau karoseri menerima semua model kendaraan yang ingin dimodifikasi interiornya menjadi RV, tapi harus diperhatikan juga dimensi dari kendaraannya.


kasur tidur motorhome(Kompas.com/Fathan Radityasani)

“Karoseri menerima permintaan dari costumer, tapi lihat juga besar dari kendaraannya. Misalnya Daihatsu Gran Max dan Toyota Hiace keduanya memiliki ukuran yang berbeda. Jika pakai Gran Max, interior yang di modifikasi tidak seluas di Hiace,” ucap Nadim kepada Kompas.com, Kamis (23/1/2020).

Jadi pada dasarnya semua mobil bisa dijadikan RV. Namun Nadim menyarankan untuk memakai mobil yang interiornya luas. Agar costumer bisa lebih bebas ketika membuat konsep RV yang ingin dibangun.

“Di karoseri Baze baru ada costumer yang menggunakan Hiace untuk dijadikan RV. Gran Max kan kecil interiornya, paling konsepnya ditaruh kursi lipat yang bisa jadi tempat tidur. Berbeda dengan mobil yang interiornya luas, nanti lebih mudah untuk konsep interiornya dan apa saja yang ingin dipasang,” ucap Nadim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mau Bikin Mobil Rumah, Ini Mobil yang Disarankan",

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved