Ekonomi dan Bisnis

Pasar Mobil Bekas Tetap Eksis, Mobil SUV Jadi Favorit Konsumen

Diawal tahun mobil yang paling diminati, Jenis mobil SUV Honda C-RV dibanderol seharga Rp 450 juta.

Pasar Mobil Bekas Tetap Eksis, Mobil SUV Jadi Favorit Konsumen
banjarmasinpost.co.id/mariana
Showroom mobil bekas Syamsul Motor 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pasar mobil seken masih menunjukkan eksistensi, di tengah gempuran diler-diler otomotif yang kerap tawarkan gimmick menarik misalnya DP murah dan tenor panjang di awal tahun.

Di Banjarmasin, showroom mobil bekas bisa dijumpai di kawasan Banua Anyar, Jalan Pangeran Hidayatullah. Terdapat sejumlah showroom berjejer di sepanjang jalan.

Mobil seken yang dijual di showroom terdapat varian yang lebih banyak. Ada berbagai brand dari sejumlah pabrikan yang bisa menjadi alternatif bagi konsumen.

Syamsul Showroom misalnya, di awal tahun yang paling diminati ialah jenis mobil SUV Honda C-RV dibanderol seharga Rp 450 juta.

Untuk jenis MVP ada Honda Mobilio dan Toyota Avanza seharga Rp 180 jutaan, serta City Car ada Toyota Agya dijual kisaran Rp 130 jutaan.

Pejalan Kaki Tewas Tertabrak Motor di Mandastana Barito Kuala Kalsel, Pelaku Melarikan Diri

Dipindah ke H Idak, Pasar Bauntung Banjarbaru Bakal Lebih Modern, Lahan Parkir Pun Lebih Luas

VIRAL Video, Gadis Belia Dibebaskan Berbuat Mesum dengan Banyak Pria, Misinya Cari Suami Idaman Hati

Hasil Autopsi Jenazah Lina Disinggung pada Sule, Ayah Rizky Febian & Putri Delina Beri Jawaban Ini

"Harga tersebut sudah termasuk kelengkapan dokumen dan administrasi. Untuk layanan purna jual langsung kami arahkan ke diler yang bersangkutan," ujar Owner Syamsul Motor, H Syamsul kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (23/1/2020).

Selain pembayaran cash, pihaknya memfasilitasi skema pembayaran melalui leasing di antaranya BCA Finance, Mandiri Utama Finance, dan Adira.

Dikatakannya, kelebihan membeli mobil seken di showroom, bisa tukar tambah dan proses cepat. Selain datang langsung ke showroom, konsumen juga bisa melihat unit-unit yang tersedia di Syamsul Motor melalui OLX dan Facebook.

Sementara itu, sebelum membeli mobil bekas, Owner Showroom Istana Motor, HM Suyanto mengatakan, customer harus mengecek mesin mobil terlebih dahulu, dan mengetahui kondisi fisik, meliputi ban dan lainnya dari mobil serta jarak di speedometer.

"Pembayaran pajak juga berpengaruh, misalnya mobil Fortuner jatuh tempo pajak tinggal satu bulan, maka harga yang dijual showroom harus lebih miring," paparnya.

Mobil-mobil yang dipamerkan di showroom umumnya sudah dirawat agar menyerupai mobil baru, selain itu surat-menyurat pun terjamin.

Di Istana Motor, sistem pembayaran mobil seken tidak hanya cash. Suyanto menyebutkan pihaknya bekerjasama dengan dengan sejumlah leasing di antaranya BCA Finance, juga dengan perbankan yakni Bank Kalsel dan BNI Syariah dengan tenor lima tahun dan DP 20-30 persen dari harga OTR.

"Ada juga cash tempo, kami berikan jangka waktu satu bulan kepada costumer untuk melunasi pembayaran langsung ke showroom. Misalnya beli mobil seharga Rp 150 juta, costumer bawa uang Rp 130 juta, sisanya bisa cash tempo, lebih dari tempo tersebut kami arahkan ke leasing atau bank," jelas Suyanto.

Risau Penghapusan Honorer, Pegawai BLUD RSUD Idaman Pertanyakan Rencana Pengangkatan PPPK

Hamil 9 Bulan, PSK di Banjarmasin Ini Berpakaian Seksi dan Tetap Kerja Layani Pria Hidung Belang

Mau Bikin Mobil Rumah untuk Keluarga? Ini Mobil yang Disarankan Pihak Karoseri

Varian mobil yang tersedia di tempatnya mulai dari Premium car, MVP, hingga City Car. Yang paling mahal ada unit Toyota Vellfire dibanderol seharga Rp 900, ada pula Jeep Wrangler Rubicon dipatok Rp 700-750 juta per unit.

Unit yang paling laku hingga saat ini yakni jenis SUV di antaranya Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner yang dibanderol seharga mulai Rp 400 jutaan. Lalu mobil-mobil City Car juga berhasil mencuri perhatian costumer di antaranya Honda Brio, Toyota Agya, Daihatsu Ayla yang ditarif mulai Rp 130 jutaan. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved