Berita Balangan

Balangan Kini Miliki Gedung Taman Budaya, April Akan Diresmikan

Tentunya, keberadaan taman budaya memang pada dasar sangat diperlukan di Balangan. Hal itulah yang disampaikan oleh Ketua Sanggar Kariwaya Balangan.

Balangan Kini Miliki Gedung Taman Budaya, April Akan Diresmikan
Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Bangunan Gedung Taman Budaya di Kabupaten Balangan, Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Satu bangunan gedung baru kini telah berdiri di Jalan Garuda Maharam, Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel.

Bangunan tersebut yakni Gedung Taman Budaya yang dibangun dari sumber dana APBD Pemkab Balangan melalaui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Balangan.

Meski belum selesai secara keseluruhan, kini gedung sudah bisa digunakan. Karena untuk pembangunan sudah tuntas pada akhir 2019 kemaren. Sementara halaman dianggarkan pada 2020 ini.

Tentunya, keberadaan taman budaya memang pada dasar sangat diperlukan di Balangan. Hal itulah yang disampaikan oleh Ketua Sanggar Kariwaya Balangan, Muhammad Alfahri Wanda.

Tubuh Berdarah, Wanita Ini Merangkak Keluar Toko dan Berteriak Minta Tolong, Ternyata Korban Rampok

Kronologi Kebakaran di Desa Awang Besar Barabai yang Menghanguskan 5 Rumah, Api Terlihat di Atap

Sumbangan Afgan untuk Pernikahan Isyana Sarasvati - Rayhan Maditra, Rekan Rossa Akan Berikan Ini

Tabiat Asli Teddy & Lina, Mantan Sule Dibongkar Ketua RW, Ibu Rizky Febian & Putri Delina Ternyata?

Tempat itu, bebernya, sebagai wadah untuk mengembangkan dan penyaluran kreatifitas penggiat seni serta untuk berkesenian.

"Di samping itu adanya tempat tersebut, Balangan dengan banyaknya kesenian tradisi daerah yang dimiliki, akan berdampak positif untuk pelestarian melalui adanya wadah berkreasi," ucap Wanda, Jumat (24/1/2020).

Adanya gedung tersebut dianggap akan membawa manfaat yang baik untuk penggiat seni dan pelestarian kesenian tradisi. Selama pengelolaan gedung sesuai harapan para pelaku dan penggiat seni.

Ia juga berharap agar sistem pengelolaan, mengacu pada Taman Budaya yang dimiliki oleh Provinsi Kalsel yang berlokasi di Banjarmasin.

Sebut Wanda, pengelolaan gedung akan lebih baik apabila di kelola oleh dinas terkait, sebagaimana Dinas Pendidikan melalui Bidang Kebudayaan. Terlebih apabila dibuat UPT.

"Fasilitas gedung pertunjukan sudah cukup baik, dan sangat besar dapat menampung penonton dalam jumlah banyak," jelas penggiat seni di Balangan ini.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved