Berita Banjarmasin

Jumlah Narapidana Kasus Narkoba di Kalsel Alami Tren Meningkat, Dewan Kalsel Soroti Hal ini

Jumlah narapidana yang dibina di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) karena tersangkut kasus Narkoba yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel) cenderung

Jumlah Narapidana Kasus Narkoba di Kalsel Alami Tren Meningkat, Dewan Kalsel Soroti Hal ini
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalsel, H Hasanuddin Murad 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jumlah narapidana yang dibina di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) karena tersangkut kasus Narkoba yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel) cenderung meningkat beberapa tahun belakangan.

Secara kumulatif, pada Tahun 2016 ada sebanyak 3.759 orang, meningkat di Tahun 2017 menjadi 4.626 orang.

Pada Tahun 2018 tren yang sama masih terjadi yaitu ada sebanyak 5.313 orang dan kembali meningkat di Tahun 2019, dimana hingga 12 Desember 2019 tercatat sebanyak 6.559 orang.

Hal ini disampaikan Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) saat hadiri rapat komunikasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel, Rabu (22/1/2020).

Pacar Ali Syakieb, Margin Wieheerm Muncul Pakai Gaun Pengantin, Susul Rezky Adhitya-Citra Kirana?

Tabiat Asli Teddy & Lina, Mantan Sule Dibongkar Ketua RW, Ibu Rizky Febian & Putri Delina Ternyata?

Foto Jadul Syahrini & Reino Barack Malah Ungkap Fakta Ini, Incess Sebut Soal Keluarga sang Suami

Dijelaskan Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Agus Toyib, narapida kasus narkoba memang mendominasi jumlah warga binaan di Kalsel.

Fenomena ini menurutnya juga cukup merata terjadi di Lapas-Lapas yang ada di Kalsel, dimana jumlah narapidana kasus narkoba rata-rata mengisi 60 persen dari total narapidana.

"Angka narkoba kita sangat tinggi, itu yang mendominasi Lapas-Lapas di kita. Semua daerah Lapas 60 persen lebih kasus narkoba," kata Agus Toyib.

Hal tersebut menjadi sorotan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalsel, H Hasanuddin Murad.

Politisi Partai Golkar ini menyoroti fakta yang dipaparkan Kanwil Kemenkumham Kalsel, dimana dari total narapidana kasus narkoba di Kalsel, justru lebih banyak narapidana yang merupakan bandar atau pengedar narkoba dibanding pengguna narkoba.

Benar saja, di Tahun 2016 jumlah narapidana bandar atau pengedar sebanyak 2.692 orang sedangkan pengguna sebanyak 1.067 orang.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved