Berita Banjar

Tidak Hanya Guru, Jabfung Pengadaan di Kabupaten Banjar Juga Mengeluhkan Rendahnya TPP

Jabatan fungsional pengelola pengadaan barang/jasa juga mengeluhkan rendahnya TPP.

Tidak Hanya Guru, Jabfung Pengadaan di Kabupaten Banjar Juga Mengeluhkan Rendahnya TPP
istimewa
Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Ikatan Fungsional Pengadaan Indonesia (DPW-IFPI) Kalimantan Selatan, Ferdi Firmansyah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Keluhan para guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjar tentang Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) yang sangat rendah, ternyata juga dialami jabatan fungsional lain. Terutama jabatan fungsional pengelola pengadaan barang/jasa.

Menurut dokumen Peraturan Bupati tentang Tunjangan Perbaikan Penghasilan yang didapatkan untuk para fungsional pengelola pengadaan barang/jasa tidak mengalami kenaikan bahkan justru menurun dari sebelumnya.

"TPP untuk fungsional pengelola pengadaan barang/jasa tingkat pertama justru menurun dari sebelumnya", ucap Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Ikatan Fungsional Pengadaan Indonesia (DPW-IFPI) Kalimantan Selatan, Ferdi Firmansyah, Jumat (24/1/2020) kepada reporter banjarmasinpost.co.id.

Ferdi mengatakan kondisi ini sangat diluar dugaan apalagi untuk Kabupaten Banjar yang sejak tahun 2011 telah mendapatkan predikat sebagai Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Percontohan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP-RI) dan termasuk Kabupaten/Kota yang menjadi rujukan kemajuan pengadaan barang/jasa di wilayah Kalsel.

Enam ABG Terlibat Prostitusi Online Ditengarai Putus Sekolah, Diberikan pembinaan dan Dipulangkan

Lezatnya Kuliner Kawasan Bawah Jembatan Banua Anyar, Masakan Banjar Tersedia Disini

Tabiat Asli Teddy & Lina, Mantan Sule Dibongkar Ketua RW, Ibu Rizky Febian & Putri Delina Ternyata?

Video: Malam Pertama Vanessa Angel & Bibi Ardiansyah Diceritakan, sang Suami Sampai Bilang Begini

"Kabupaten Banjar bahkan pernah meraih e-Government Award tahun 2008 sebagai pelopor pengadaan secara elektronik terbaik ditingkat Nasional. Sangat disayangkan justru dari sisi kesejahteraan terpinggirkan saat ini," tegas Ferdi.

Dari data yang didapatkan melalui laporan tahunan UKPBJ Kabupaten Banjar tahun 2017, tercatat nilai penghematan atau nilai sisa hasil tender tim pokja Kabupaten Banjar berhasil mencatatkan penghematan sebesar Rp 11 Milyar lebih.

Ketika hal ini dikonfirmasi, Ferdi yang juga adalah Fungsional Pengelola Pengadaan di UKPBJ Kabupaten Banjar tegas meng-iya-kan.

Menurutnya secara rata-rata setiap tahun nilai penghematan sisa hasil tender tidak kurang dari 10 Milyar rupiah.

"Ini adalah hasil kerja dan beban yang ditanggung oleh Jabfung PPBJ Banjar. Kabupaten Banjar dibatasi maksimal 13 orang berdasarkan analisis beban kerja. "Jika samaratakan TPP 7,5 Juta saja per orang perbulan maka dari 10 Milyar itu kabupaten hanya menyisihkan kurang lebih 1,1 Milyar/pertahun. Tidak lebih 1 persen dari kinerja yang kami hasilkan untuk daerah," jelas Ferdi.

Sebagai informasi tambahan ternyata nilai TPP Jabfung PPBJ Kabupaten Banjar juga tergolong lebih rendah dari beberapa Kabupaten/Kota di Kalsel yang telah memiliki Jabfung PPBJ.

Semisal dibandingkan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Tanah Laut, Tanah Bumbu apalagi dibandingkan Provinsi Kalimantan Selatan.

Perbaikan Siring Ambruk Masih Belum Rampung, Ditarget Sepekan Lagi

NEWS VIDEO: Gua Limbuhang Haliau, Objek Wisata Unggulan di Kabupaten HST

Pertengkaran Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di Depan Rafathar, Ipar Syahnaz Sadiqah Sampai Geregetan

Terakhir Ferdi dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPW IFPI Kalsel berharap agar tim penyusun TPP Kabupaten Banjar dan daerah lainnya dapat transparan dalam tata cara perhitungan yang melibatkan hajat hidup orang banyak.

"Libatkanlah secara komprehensif seluruh stakeholder terdampak seperti para guru, paramedis dan lainnya. Setidaknya formulasi TPP tidak lebih rendah dari sebelumnya agar tidak menimbulkan keresahan," katanya. (banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved