PPDB Sekolah Dasar 2020

Jalur Penerima KIP Tidak Ada Pertimbangan Nilai, Langsung Diterima di Sekolah Pilihan

Sebanyak 600 pelajar kelas enam SD di Kota Banjarmasin penerima bantuan sosial (bansos) Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau jalur afirmasi

Jalur Penerima KIP Tidak Ada Pertimbangan Nilai, Langsung Diterima di Sekolah Pilihan
kompas.com
Siswi SD menunjukkan Kartu Indonesia Pintar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 600 pelajar kelas enam SD di Kota Banjarmasin penerima bantuan sosial (bansos) Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau jalur afirmasi, wajib masuk sekolah terdekat pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) Juli mendatang.

“Iya setelah kita data, dari ratusan SDN di kota ini ada 600 pelajar kelas enam penerima bansos KIP yang akan masuk jalur afirmasi pada PPDB Juli 2020 mendatang,” kata Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nuryadi, Jumat (24/1).

Menurut Nuryadi, sesuai dengan lembaran peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan (Permendikbud) No 44 Tahun 2019, tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis zonasi jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK, maka kuota penerima KIP bisa mencapai 15 persen.

Derita Masa Lalu Anang Hermansyah Disinggung Ashanty, Ibu Sambung Aurel Lakukan ini ke Arsy

Penampakan Joroknya Pasar Tradisional Kota Wuhan, Tempat Virus Corona yang Membunuh 26 Orang

Hasil Autopsi Lina Ibunda Rizky Febian Diingini Teddy Segera Didapat, Terkait Kematian Mantan Sule

“Untuk bagaimana teknis PBBD SMPN jalur KIP itu diserahkan kepada kabupaten melalui peraturan wali kota (perwali),” katanya.

Dijelaskannya, untuk PPDB jalur penerima KIP atau afirmasi tidak ada lagi pertimbangan nilai dan langsung diterima di sekolah pilihan pada PPDB Juli 2020 mendatang.

Dalam permedikbud tersebut diatur untuk jalur zonasi paling sedikit 50 persen, jalur afirmasi paling sedikit 15 persen, jalur perpindahan orangtua paling banyak 5 persen, dan jalur prestasi mencapai 30 persen.

“Untuk PPDB jalur KIP ini tak ada lagi hambatan masuk karena sudah ditetapkan kuotanya mencapai 15 persen,” katanya.

Dijelaskan Nuryadi, untuk PPDB jalur afirmasi penerima KIP nanti akan diputuskan untuk penyaluran siswa apakah ditentukan dinas pendidikan atau cukup sekolah saja.

Nanti akan ada keputusan lebih lanjut dari dinas pendidikan.

“Semua orangtua siswa kelas enam penerima bansos KIP sudah diberikan sosialisasi untuk PPDB jalur afirmasi atau penerima KIP ini. Jadi mereka sudah tahu koq,” tegas Nuryadi.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved