PPDB Sekolah Dasar 2020

Orangtua Siswa Banyak Salah Kaprah Tentang Asal Usul Dana KIP

Selama ini, kata Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nuryadi, ada salah kaprah tentang asal-usul penerima KIP.

Orangtua Siswa Banyak Salah Kaprah Tentang Asal Usul Dana KIP
kompas.com
Siswi SD menunjukkan Kartu Indonesia Pintar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Selama ini, kata Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nuryadi, ada salah kaprah tentang asal-usul penerima KIP.

Selama ini warga miskin menganggap dinas pendidikan yang mengeluarkan dana KIP.

Padahal, dinas pendidikan hanya menerima SK dari pemerintah pusat dan pihak sekolah lah yang mengusulkan ke dinas pendidikan untuk selanjutnya dinas pendidikan meneruskan ke pemerintah pusat.

Dipaparkannya, syarat pelajar penerima KIP itu sangat jelas, yakni orangtunya pemegang kartu peserta keluarga harapan (PKH) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Jalur Penerima KIP Tidak Ada Pertimbangan Nilai, Langsung Diterima di Sekolah Pilihan

Penampakan Joroknya Pasar Tradisional Kota Wuhan, Tempat Virus Corona yang Membunuh 26 Orang

Hasil Autopsi Lina Ibunda Rizky Febian Diingini Teddy Segera Didapat, Terkait Kematian Mantan Sule

Nah, kartu PKH dan KKS ini yang mengeluarkan adalah dinas sosial.

“Syarat lain pelajar penerima KIP, seperti yatim piatu, pelajar yang orangtuanya kena pemutusan hubungan kerja (PHK), dan orangtuanya kena kasus hukum,” katanya.

Dijelaskannya, para pelajar yang masuk kategori tersebut bisa diusulkan sebagai penerima KIP oleh sekolah melalui Data Pokok Pendidikan (depodik) ke kementerian.

Setelah itu, baru kementerian menvalidasi data usulan sekolah tersebut.

“Jika memang syarat pelajar yang diajukan sebagai penerima KIP itu itu memang masuk, maka bisa dipastikan para pelajar itu akan menerima bansos KIP yang langsung masuk ke rekening siswa,” katanya.

Nuryadi mengamati dari 600 pelajar kelas enam penerima KIP itu ada saja yang berprestasi dan pintar secara akademik sehingga bansos KIP itu benar-benar membantu pelajar tersebut untuk belajar lebih giat.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved