Berita Kalteng

Jelang Pementasan Sendratari Legenda Nyai Undang, Ini yang Dilakukan Disbudpora Kapuas

Disbudpor dan Disdik Kapuas kunjungi situs Kota Kerajaan Bataguh yang berada di Kelurahan Kupang Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas

Jelang Pementasan Sendratari Legenda Nyai Undang, Ini yang Dilakukan Disbudpora Kapuas
istimewa/Disbudpora Kapuas
Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas, H Suparman, Kepala Dinas Pendidikan H Suwarno Muriyat, Camat Bataguh, Riduanto foto bersama dengan Damang Kecamatan Bataguh, Lurah, serta seluruh Tim Sendra Tari di lokasi situs Kota Bataguh. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas serta beberapa sanggar yang ada di Kabupaten Kapuas melakukan kunjungan ke situs Kota Kerajaan Bataguh yang berada di Kelurahan Kupang Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas, Sabtu (25/1/2020) lalu.

Ini dilakukan dalam rangka persiapan pementasan sendratari yang menggambarkan tentang legenda Nyai Undang dari Kota Kerajaan Bataguh yang konon menurut cerita para tetua adat adalah Kerajaan yang hilang yang berdiri pada abad ke-15.

Penampilan ini direncanakan pada Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan Hari HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas pada bulan Maret 2020 yang akan datang.

Kegiatan tersebut disamping melihat dari dekat sisa-sisa peninggalan sejarah seperti adanya tiang-tiang ulin dan juga tempat persembahan kepada leluhur, juga memohon izin kepada leluhur agar apa yang dilakukan nantinya mendapat restu serta tidak adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Cegah Aktivitas Berbahaya Anak-anak Bergelantungan di Kelotok, Polair Gelar Giat Pekat Tiap Minggu

Ditemukan Tak Bernyawa 3 Km dari Rumah, Tubuh Ahim Mengapung di Sungai Apuai

5 FAKTA Penjahat Seksual yang Viral di Medsos 2 Pekan Ini, dari Begal Payudara hingga Begal Bokong

Perceraian Disinggung Luna Maya ke Ashanty, Saat Mantan Ariel NOAH Curhat soal Pernikahan

Dalam kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas Suparman dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Suwarno didampingi Camat Bataguh Riduanto, Lurah, Damang dan Mantir serta Tokoh Adat dan masyarakat setempat.

Kedatangan rombongan disambut oleh Camat Bataguh, Damang, Mantir dan tokoh adat lainnya di Kantor Camat Bataguh yang selanjutnya bersama-sama menuju situs kurang lebih 3 kilometer dari jalan utama.

Sesampai di areal situs Kota Bataguh yang luasnya kurang lebih tiga km persegi dilakukan penyambutan dengan permainan lawang sakepeng oleh dua orang warga setempat.

Lalu, sesampai di tempat yang dikeramatkan dilakukan ritual dengan memberikan sesajen serta melakukan komonikasi oleh sesupuh dengan bahasa sangiang serta penaburan beras kuning.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas Suparman mengatakan bahwa salah satu tugas dan fungsi Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga adalah menggali sebesar-besarnya destinasi wisata, baik wisata alam, wisata buatan maupun wisata budaya.

Sedangkan khusus untuk Kota Bataguh yang konon menurut cerita dipimpin oleh seorang Ratu yang cantik, Suparman mengatakan akan melakukan penelitian secara konfrenhensif baik secara ilmiah maupun non ilmiah.

Halaman
12
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved