Breaking News:

Berita Tabalong

Cegah Corona Masuk Tabalong, Penumpang di Bandara Warukin Diperiksa Gunakan Alat Detektor Tubuh

Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan Tabalong menggelar rapat kordinasi untuk mencegah masuknya virus corona.

istimewa/dishub tabalong
Simulasi pemeriksaan penumpang bandara Warukin Tabalong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan Tabalong menggelar rapat kordinasi untuk mencegah masuknya virus corona.

Sesuai informasi dari Kemenkes yang dilakukan Dinas Kesehatan adalah dengan melakukan pengamatan dan pencegahan melalui pintu masuk untuk bandara dan pelabuhan.

Kepala Dinas Kesehatan dr Taufiqurrahman mengatakan piahknya bahkan melakukan pemeriksaan subu tubuh kepada seluruh penumpang di pintu kedatangan dengan menggunakan alat detektor suhu tubuh yang mengeluarkan sinar merah dan diarahkan ke dahi penumpang.

"Dengan pemeriksaan ini antara penumpang yang diperiksa dan petugas pemeriksa terdapat jarak, untuk melakukan pemeriksaan ini dibantu pihak bandara avication security.

Asal Virus Corona Terungkap, Peneliti China Sebut Dari Tempat Ini

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki Nikmati Uncle B coffee di APINDO UMKM Expo 2020

Diam-diam Putri Sunan Kalijaga, Salmafina Sunan Siapkan Pernikahan? Calon Suami Eks Taqy Malik?

Dendam Mayangsari & Keinginannya Membunuh Diungkap ke Igun cs, Istri Bambang Trihatmodjo Ternyata?

Jika penumpang dicurigai terkena virus corona dengan suhu tubuh badan diatas 38 derajat maka yang bersangkutan akan dirujuk ke RSUD H Badarudin Kasim.

Jika 2x24 jam perawatan dan diduga positif terkena virus corona akan dirujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin karena RSUD H Badarudin Kasim tidak memiliki ruang isolasi untuk pasien terkena virus corona.

Untuk masyarakat dihimbau untuk tidak panik namun tetap waspada. Bila mengalami demam, batuk disertai kesulitan bernafas segera mencari pertolongan ke rumah sakit terdekat.

Masyarakat juga diminta untuk tetap berperilaku hidup sehat dengan mencuci tangan pakai sabun dan membilas setidaknya 20 detik dan mengeringkan dengan handuk bersih atau kertas tisu.

"Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin dan batuk, ketika memiliki gangguan daluran nafas gunakan masker dan berobat ke fasilitas layanan kesehatan serta menghindari bepergian ke daerah yang terjangkit," ujarnya.

Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan Tabalong menggelar rapat kordinasi untuk mencegah masuknya virus corona.
Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan Tabalong menggelar rapat kordinasi untuk mencegah masuknya virus corona. (istimewa/dishub tabalong)

Plt Kepala Dinas Perhubungan Tabalong Zulfan Noor mengatakan dalam pemeriksaan yang akan dilakukan di bandara Warukin seluruh petugas menggunakan masker dan mencuci tangan dengan bersih.

Saat ini jadwal penerbangan di Bandara Warukin dari Halim menuju Warukin pada bulan Januari 2020 terdapat sembilan penerbangan pada Senin, Selasa dan Kamis pada pukul 06.30 WIB – 10.00 Wita.

Video Tumbangnya Pohon Raksasa di Ujung Murung Kapuas, Timbulkan Kerusakan Terhadap Kantor Ini

Jemaah Haul Guru Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar Kalsel Disarankan Mengenakan Masker

Dituding Langgar Kode Etik ASN, Mada Teruna dan Ferryansyah Klarifikasi ke Bawaslu Banjar

"Pemeriksaan dilakukan sesuai jadwal kedatangan dari bandara Halim perdana kusuma," ujarnya.

WNA yang menggunakan Pelita Air di Bandara Warukin merupakan penumpang dari Bandara Halkm Perdana Kusuma Jakarta yang juga melakukan pemeriksaan. Namun untuk melakukan pencegahan juga dilakukan pemeriksaan di Bandara Warukin. 

 Koordinasi yang juga dihadiri oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Tabalong juga akan kembali melakukan pendataan TKA. Usai melakukana koordinasi juga dilakukan simulasi pemeriksaan terhadap penumpang. (banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved