Pilkada Kalsel 2020

Dituding Langgar Kode Etik ASN, Mada Teruna dan Ferryansyah Klarifikasi ke Bawaslu Banjar

Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar dari Jalur Independen, Mada Teruna dan Ferryansyah mendatangi kantor Bawaslu Banjar

Dituding Langgar Kode Etik ASN, Mada Teruna dan Ferryansyah Klarifikasi ke Bawaslu Banjar
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hurbal Bawaslu Banjar, Hairul Falah berikan penjelasan terkait klarifikasi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati banjar, Mada Teruna dan Ferryansyah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA-Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar dari Jalur Independen, Mada Teruna dan Ferryansyah mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (29/1/2020). 

Kedatangan Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar ini untuk mengklarifikasi terkait adanya tudingan pelanggaran kode etik ASN oleh Bawaslu Banjar.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hurbal Bawaslu Banjar, Hairul Falah mengatakan pemanggilan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dengan status ASN ini berdasarkan temuan di media online yang memberitakan Mada dan Fery mendeklarasikan diri serta mendaftar ke partai politik untuk maju di Pilkada Banjar Tahun 2020 mendatang.

“Kami temukan di media online yang memberitakan pasangan birokrat ini mendaftarkan diri ke partai politik untuk maju di pilkada banjar serta deklarasi. Sesuai undang-undang ASN itu melanggar,” katanya.

Asal Virus Corona Terungkap, Peneliti China Sebut Dari Tempat Ini

Video Tumbangnya Pohon Raksasa di Ujung Murung Kapuas, Timbulkan Kerusakan Terhadap Kantor Ini

Diam-diam Putri Sunan Kalijaga, Salmafina Sunan Siapkan Pernikahan? Calon Suami Eks Taqy Malik?

Kangen Maia Estianty ke Ahmad Dhani Disebut Dul Jaelani, Ari Lasso & Anang Hermansyah Bereaksi

Dikatakannya, pemanggilan tersebut hanya klarifikasi dari temuan Bawaslu Banjar untuk mengumpulkan keterangan. Hasilnya, kemudian akan diserahkan ke lembaga yang mengurusi ASN.

“Kami klarifikasi untuk mengumpulkan keterangan. Hasilnya kami teruskan ke lembaga pemerintah yang mengurusi ASN. Keputusan ada pelanggaran atau tidak itu dari mereka (Komisi ASN) nantinya bukan kami (Bawaslu),” terangnya.

Mada Teruna
Mada Teruna (hasby)

Sementara itu, Bakal Calon Bupati Banjar Jalur Independen, Mada Teruna mengaku sudah memenuhi panggilan Bawaslu Banjar.

“Sudah dipenuhi panggilan bawaslu banjar dan disampaikan klarifikasi. Tidak ada yang kami langgar jadi tenang saja menghadapinya,” jawabnya tenang.

Borok Rizky Febian Dibongkar Teddy Suami Lina, Putra Sule Itu Disebut Lakukan Ini pada Ibunya

Dendam Mayangsari & Keinginannya Membunuh Diungkap ke Igun cs, Istri Bambang Trihatmodjo Ternyata?

Informa Banjarmasin Geber Promo Shocking Deal, Potongan Langsung hingga Rp 1 Juta

 Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banjar ini, menyebut Bawaslu Banjar harus memahami kriteria deklarasi serta netralitas ASN agar tidak menimbulkan gejolak.

“Soal netralitas ASN, sudah pasti kami tidak netral karena kami yang menjadi bakal calon kepala daerah. Beda halnya kami tidak maju, sudah jelas kami harus netral,” tegasnya. (banjarmasinpost.co.id/ niakurniawan)

 

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved