Universitas Lambung Mangkurat

Dukung Penuh Program Mendikbud, ULM Siap Terapkan Program Mahasiswa Magang Tiga Semester

Program magang tiga semester bagi mahasiswa yang digaungkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim disambut positif Rektor Universitas

Dukung Penuh Program Mendikbud, ULM Siap Terapkan Program Mahasiswa Magang Tiga Semester
istimewa
Rektor Universitas Lambung Mangkurat Profesor Sutarto Hadi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Program magang tiga semester bagi mahasiswa yang digaungkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim disambut positif Rektor Universitas Lambung Mangkurat Profesor Sutarto Hadi, saat ditemui di Kampus ULM, Selasa (28/1).

"Program ini sangat bagus, positif sekali, jadi kita semua mendukungnya. Pertama karena saat ini banyak keluhan lulusan perguruan tinggi tidak langsung mendapat pekerjaan. Dengan adanya program mahasiswa magang tiga semester ini kita berusaha menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi, keterampilan dan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan dunia kerja dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," tuturnya.

Dikatakan Sutarto, langkah-langkah ke arah kesiapan pelaksanaan ini sudah ditempuh, antara lain merekapitulasi kerja sama yang sudah dibangun selama ini dengan instansi pemerintah, perbankan dan perusahaan-perusahaan yang ada di Kalsel.

Rektor Universitas Lambung Mangkurat Profesor Sutarto Hadi

Sudah ada, tetapi sangat terbatas.

"Tinggal kita mencari formula bagaimana dengan jumlah lulusan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang ribuan setiap tahunnya apakah bisa ditampung semua oleh perusahaan-perusahaan yang ada di sini," ujarnya lagi.

Diakuinya, memang belum ada pembicaraan lebih lanjut sejauh ini dengan para pengusaha.

Yang pasti jangan sampai nantinya mereka menolak kehadiran mahasiswa magang dengan alasan mengganggu produktivitas dan kinerja perusahaan.

Yang pasti jangan sampai mereka menolak, jangan sampai kehadiran mahasiswa mengganggu produktivitas kinerja mereka.

"Jadi, selain akan melakukan pendekatan ulang, kami juga menyiapkan mahasiswa dan membuat program yang bagus. Sebab jangan sampai program magang itu menjadi mubazir. Mereka datang dan tidak melakukan apa-apa, waktu habis, ilmu dan keterampilan tidak didapat," kata Sutarto.

Sejauh ini daya serap mahasiswa lulusan ULM mencapai 60 persen dan semoga bisa ditingkatkan menjadi 90 persen.

"Saat ini kita tinggal menunggu juknis (petunjuk teknis). Kalau memang sudah ada tahun ini akan langsung kita laksanakan," tegasnya. (aol/*)

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved