Izin Kotak Sumbangan

Sering Dapat Pertanyaan ini, Salah Satu Alasan Dinsos Banjarmasin Perketat Izin Kotak Sumbangan

Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Banjarmasin, Ibnu Sabil menambahkan, hal ini dilakukan mengingat belakangan pihaknya kerap mendapatkan

Sering Dapat Pertanyaan ini, Salah Satu Alasan Dinsos Banjarmasin Perketat Izin Kotak Sumbangan
istimewa
dinsos Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Banjarmasin, Ibnu Sabil menambahkan, hal ini dilakukan mengingat belakangan pihaknya kerap mendapatkan pertanyaan tentang legalitas keberadaan kotak sumbangan tersebut.

Terutama yang terletak di sejumlah tempat seperti retail modern dan lokasi-lokasi lainnya, oleh karena itu pihaknya ke depan akan memperketat terkait perizinan peredaran kotak sumbangan tersebut.

"Jadi, ke depan sejumlah organisasi atau yayasan yang merupakan pemilik kotak sumbangan tadi, mereka tidak hanya harus mengantongi izin, melainkan juga wajib menempelkan stiker yang telah kami berikan secara gratis bila telah mengurus izin," jelasnya.

Pemko Banjarmasin Perketat Izin Kotak Sumbangan, Kotak yang Berizin Akan Ditempel Stiker Khusus

Respon Tak Terduga Gading Marten Disinggung soal Pacar, Eks Gisella Jawab Ini soal Juria Hartmans

Video Kemewahan Rumah Sepupu Raffi Ahmad - Nagita Slavina, Harga Furniture Alshad Ahmad Rp 2 Miliar

Borok Rizky Febian Dibongkar Teddy Suami Lina, Putra Sule Itu Disebut Lakukan Ini pada Ibunya

Menurut Ibnu, hal ini bertujuan, selain memberitahukan masyarakat atas berizin atau tidaknya terkait peredaran dan keberadaan kotak-kotak amal tersebut, juga meminimalisasi penyelewengan dana.

Kenapa? Karena uang atau barang yang dikumpulkan tadi berasal dari masyarakat sehingga mereka pun wajib melaporkannya secara jelas ke Dinas Sosial Banjarmasin sebagai wujud pertanggungjawaban penyaluran dan penggunaannya.

"Misalnya yayasan A, dia untuk apa dan dan berapa banyak mengumpulkan uang itu. Maka masyarakat pun bisa tahu nantinya ke dinsos. Kami pun sangat terbuka dengan ini. Sehingga dengan demikian, penyelewengan dana pun bisa diminimalisir," jelasnya.

Ibnu juga menegaskan bahwa pengharusan pembuatan izin dan penyertaan stiker pada kotak amal ini hanya diperuntukkan pada kotak sumbangan yang bersifat permanen.

Sedangkan sebaliknya, jika penggalangan dana itu hanya bersifat sementara dan peruntukkan uangnya untuk sendiri, cukup mengantongi izin dari dinsos saja.

"Jika kegiatan itu untuk tempat bersangkutan tidak perlu stiker misalnya masjid A, dia menaruh di masjid A dan itu untuk keuangan masjidnya. Maka ini tidak perlu stiker. Itu boleh tidak masalah," tutupnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved