Ekonomi dan Bisnis

Awal Tahun 2020 Penjualan Kaktus Meningkat 50 Persen, Ini Jenis Kaktus Paling Digemari

Jenis tanaman hias yang tengah hits yakni kaktus dan sukulen, yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik pekarangan ataupun di dalam rumah

Awal Tahun 2020 Penjualan Kaktus Meningkat 50 Persen, Ini Jenis Kaktus Paling Digemari
Istimewa/Perliva Mia Sesca.
Toko Tanaman Mini menjual tanaman kaktus dan sekulen. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jenis tanaman hias yang tengah hits yakni kaktus dan sukulen, yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik pekarangan maupun ruangan dalam rumah.

Kaktus dan sukulen tumbuhan yang dapat beradaptasi di tempat yang gersang atau minim asupan air serta dapat tumbuh tanpa sinar matahari yang cukup, sehingga jenis tanaman ini bisa ditempatkan indoor.

Banyaknya manfaat tersebut, permintaan kaktus dan sukulen semakin meningkat. Diakui salah seorang pebisnis tanaman kaktus mini dan sukulen dari Banjarbaru, Perliva Mia Sesca di awal tahun penjualan meningkat sekitar 50 persen.

"Peningkatan sudah terjadi saat musim liburan akhir tahun lalu, selain dari dalam kota juga banyak pembeli dari luar kota," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (30/1/2020).

Perusak Mesin ATM Setor Tunai BNI KCP Rantau Kabupaten Tapin Kalsel Terungkap Lewat Kamera Pengawas

Rencana Penghapusan Tenaga Honorer, Begini Sikap Forum Honorer se-Kabupaten Batola

Syahrini Pisah Ranjang dengan Reino Barack Saat Liburan, Video Ini Ungkap Fakta Sebenarnya

Pernikahan Luna Maya Disebut Saat Teman Dekat Ryochin & Faisal Nasimuddin Cek Kesehatan, Siap-siap?

Diakuinya setiap pembeli memiliki selera yang berbeda tapi kebanyakan pembeli menyukai jenis kaktus & sukulen yang minim perawatan seperti howarthia, agave, jade plant, sensivera mini, dan gymno calium. Setiap bulan selalu ada tanaman baru yang disediakan bagi konsumen.

Dari hasil bisnisnya, Perliva mendapatkan omzet Rp 5-10 juta per bulan. Ia pun gencar memanfaatkan media sosial untuk saran pemasaran, melalui akun Instagram tanaman mini, dia selalu memposting kaktus dan pot yang baru dan unik untuk menarik minat pembeli.

"Harganya tergantung jenis, bentuk, dan ukuran, kami jual hingga Rp 300.000. Ada juga kalau mau beli pot saja harganya mulai Rp 25.000-100.000. Dan pot beserta tanamannya mulai Rp 35.000-300.000," urainya.

Dikatakannya, kaktus dan sekulen memiliki keindahan tersendiri yakni bagus untuk dekorasi ruangan dan halaman rumah.

"Kaktus dan sekulen juga memiliki keistimewaan dibandikan tanaman lain yakni minim perawatan dan tanaman ini mampu menghasilkan oksigen selama 24 jam, tidak seperti tanaman lain yang melepaskan karbondioksida pada malam hari," pungkasnya.

Pebisnis kaktus lainnya, Kalis Barori yang berdomisili di Banjarmasin juga menjual tanaman hias meliputi kaktus, sekulen, dan bambu hoki.

"Untuk harga jenis bervariasi mulai dari harga Rp 15.000-150.000 ukuran pot mulai 8cm, 10 cm, dan 12 cm. Harga yang tertera menyesuaikan dengan keunikan dari tanaman jenis lokal dan import serta bentuk pot juga berpengaruh," paparnya.

Ditambahkannya, kegunaan tanaman jenis kaktus dapat diletakkan indoor untuk membersihkan polusi udara dari asap rokok dan lainnya.

Ayu Ting Ting Panen Hujatan Saat Fotonya Bareng Luna Maya, Nagita Slavina, Agnez Mo & Krisdayanti

ALHAMDULILLAH Ongkos Naik Haji (ONH) 2020 Tak Naik, BPIH Tetap Rp 35.235.602, Fraksi DPR Setuju

Kepergok Curi Dompet Pengunjung Pasar, Copet Ini Ditangkap Unit Reskrim Rantau Bedauh Batola

"Pemasarannya sendiri kami menjual melalui online dan offline. Untuk offline kami berjualan di Jalan A Yani Km 7 setiap Minggu, kami membuka stand dari pukul 07.00-11:00 Wita," kata dia.

Dari hasil bisnis tanaman hias tersebut, Kalis Barori yang bekerjasama dengan Gusti Arva Nala berhasil mendapatkan omzet Rp 4-6 juta per bulan. (banjarmasinpost.co.id/mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved