Berita Tanahlaut

Dulu Kumuh, Kini Permukiman di Jalan Niaga Pelaihari Jadi Kampung Pelangi, Sayang Belum Selesai

mewujudkan Kampung Pelangi adalah keinginan warga yang ingin agar daerah tersebut yang awalnya kawasan kumuh menjadi salah satu daerah kunjungan

Dulu Kumuh, Kini Permukiman di Jalan Niaga Pelaihari Jadi Kampung Pelangi, Sayang Belum Selesai
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Kampung Pelangi di Jalan Niaga, Pelaihari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Siapa sangka Kampung Pelangi di Provinsi Kalimantan Selatan tak hanya ada di Kota Banjarbaru, namun di Kota Pelaihari Kabupaten Tanahlaut juga memiliki Kampung Pelangi.

Namun jangan dibayangkan Kampung Pelangi yang berada di Jalan Niaga Kelurahan Pelaihari Kota Pelaihari Kabupaten Tanahlaut tersebut memiliki rumah-rumah yang sudah berwarna-warni catnya. Pasalnya Kampung Pelangi Jalan Niaga tengah dalam pengerjaan.

Padahal sudah mulai direncanakan pada Desember 2018 oleh Bupati Tanahlaut H Sukamta.

"Iya idenya dari Pak Kamta juga, setelah beliau meresmikan jalan yang dibangun oleh Kotaku dan melihat pagar berwarna-warni lalulah beliau minta dijadikan Kampung Pelangi," jelas warga yang juga pemrakarsa Kampung Pelangi Jalan Niaga, Kartika kepada Banjarmasinpost.co.id Jumat (31/1/2020).

Fakta Racun di Tubuh Lina Dibahas Polisi, Ayah Rizky Febian, Sule Buka Suara Sikapi Hasil Autopsi

Setelah Tipu Sana Sini Polisi Buru Presiden King Of The King Dony Pedro, Ada Nama Prabowo & Soekarno

Biasa Tidur di Pasar Antasari Banjarmasin, Hanafi Sudah 3 Pekan Menghilang, Begini Cirinya

WhatsApp Setop Akses Chatting Tinggal Beberapa Jam Lagi, Ini Daftar Handphone yang Kena Imbas

Menurutnya, mewujudkan Kampung Pelangi adalah keinginan warga yang ingin agar daerah tersebut yang awalnya kawasan kumuh menjadi salah satu daerah kunjungan.

"Semoga benar-benar terwujud lah harapan kami warga," ujarnya.

Kampung Pelangi sebelumnya merupakan kawasan kumuh dan banyak sampah. Bahkan daerah Jalan Niaga RT 13 RT 4 tersebut kerap kebanjiran lantaran luapan sungai. Namun kemudian Kotaku membenahi kawasan tersebut hingga tak lagi terjadi banjir dan dibuatkan jalan batapress yang dicat warna-warni.

Ketua RT 13, H Mirhan HD mengatakan Kampung Pelangi Jalan Niaga saat ini memang belum selesai. Meskipun begitu,  tempat ini kini mulai cukup terkenal di Pelaihari.

Saat ini menurutnya pengerjaan Kampung Pelangi masih sekitar 20 persen. Sisanya masih ada sekitar 50 rumah di RT 13 yang belum dicat warna-warni, pengerukan sungai dan penyiringan, penambahan fasilitas bermian di taman Kampung Pelangi serta pembuatan pintu gerbang Kampung Pelangi.

Padahal pencanangan Kampung Pelangi ungkap H Mirhan sudah sejak 2018 dan dikerjakan di 2019. Ia berharap Kampung Pelangi benar-benar akan terlaksana di 2020 ini.

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved