Pilkada Kalsel 2020

Pilkada Kalsel 2020: Sempat Minim Pendaftar PPK di 2 Kabupaten di Kalsel, KPU Lakukan ini

Tugas KPU dalam menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 begitu kompleks dan jauh dari kata mudah termasuk pada tahapan rekru

Pilkada Kalsel 2020: Sempat Minim Pendaftar PPK di 2 Kabupaten di Kalsel, KPU Lakukan ini
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
(kanan) Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Edy Ariansyah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tugas KPU dalam menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 begitu kompleks dan jauh dari kata mudah termasuk pada tahapan rekrutmen tenaga ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Pasalnya dari 13 Kabupaten/Kota di Kalsel yang akan selenggarakan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, tidak di seluruh daerah tersebut proses rekrutmen PPK berjalan mudah karena minim pendaftar.

Dijelaskan Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Edy Ariansyah, ada 2 Kabupaten di Kalsel yaitu Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru yang sempat harus perpanjang masa pendaftaran PPK demi terpenuhinya jumlah minimal pendaftar.

Penyebab Kematian Lina Diungkap Polisi, Hasil Resmi Autopsi Istri Teddy & Ibu Rizky Febian, Sule?

Putri Arab Saudi Tertipu Ibu & Anak Asal Indonesia Rp 512 Miliar, Terungkap Pelaku Eks Karyawatinya

Candaan Vulgar Ari Lasso ke Ayah Kontestan Idol Dihujat, Teman Maia Estianty & Ahmad Dhani Ucap Ini

VIRAL Pedangdut Cantik Lepas Bra Saat Goyang di Panggung, Si Candoleng-doleng Nekat karena Disawer

Masa perpanjangan pendaftaran selama tiga hari yaitu pada tanggal 26, 27 dan 28 Januari 2020 setelah berakhirnya masa pendaftaran reguler pada 25 Januari 2020.

KPU bahkan harus melakukan jemput bola untuk menjaring pendaftar calon PPK di beberapa Kecamatan.

Menurut Edy dari hasil koordinasinya dengan KPU di dua Kabupaten tersebut, langkah jemput bola dilakukan dengan membuka pojok pendaftaran di tiap-tiap Kecamatan yang minim pendaftar.

Dimana di Kabupaten Tanah Bumbu ada 5 dari 10 Kecamatan yang sempat dibuka perpanjangan pendaftaran dan di Kabupaten Kotabaru sempat dilakukan perpanjangan pendaftaran di 14 dari 21 Kecamatan.

"Kita buka di masing-masing Kecamatan, supaya bisa penuhi jumlah minimal pendaftar yaitu 10 orang di masing-masing Kecamatan," kata Edy.

Faktor kendala cuaca yang sering hujan dan dari aspek geografis termasuk sarana dan prasarana akses transportasi yang cukup sulit di beberapa Kecamatan tersebut menurut Edy yang menjadi penyebab minimnya pendaftar calon PPK.

"Contohnya di Kotabaru, memang akses di beberapa Kecamatan sulit di akses untuk menuju Kantor KPU Kotabaru di Pusat Kotabaru, jadi kawan-kawan jemput bola di Kecamatan," kata Edy.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved