Berita Banjarmasin

Banyak Ditinggal Pensiun, Dispersip Kalsel Kekurangan Arsiparis

Tugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel untuk mengelola kearsipan belasan bahkan puluhan instansi di Kalsel tentu bukan hal

Banyak Ditinggal Pensiun, Dispersip Kalsel Kekurangan Arsiparis
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Suasana Perpusda Palnam Dispersip Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel untuk mengelola kearsipan belasan bahkan puluhan instansi di Kalsel tentu bukan hal mudah.

Tugas ini diprediksi masih akan berat, pasalnya Dispersip Provinsi Kalsel saat ini masih mengalami kekurangan tenaga arsiparis.

Hal ini dibenarkan Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, Hj Nurliani Dardie.

Menurutnya saat ini hanya tersisa sebanyak 5 orang pejabat fungsional arsiparis di Dispersip Provinsi Kalsel dengan banyaknya jumlah arsiparis yang pensiun setiap tahunnya.

Benar saja, sejak Tahun 2016 hingga Tahun 2019, rata-rata sebanyak 8 hingga 9 PNS Dispersip termasuk arsiparis yang memasuki masa pensiun.

Bentuk Tubuh Aura Kasih Pasca Melahirkan Dikomentari, Istri Eryck Amaral Ngaku Muak dan Meradang

Foto Pernikahan Teddy & Lina Pasca Cerai dari Sule Beredar, Kawinan Ibu Rizky Febian Disorot Hotman

Ini Daftar nama tamu VIP dan VVIP Haul ke-15 Guru Sekumpul, Polres Banjar Imbau Datang Berombongan

"SDM kami ini kurang, setiap tahun ada pensiun cukup banyak. Jadi perlu ditambah di rekrutmen CPNS kali ini baik arsiparis dan pustakawan," kata Hj Nurliani.

Walau sudah berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD), namun pada rekrutmen CPNS Tahun 2019, Dispersip Provinsi Kalsel baru mendapatkan formasi masing-masing 1 orang untuk posisi arsiparis dan pustakawan.

Padahal menurut Hj Nurliani, Dispersip Provinsi Kalsel selaku Pembina Arsip Daerah juga membantu menangani bidang kearsipan seluruh SKPD lingkup Provinsi Kalsel, kearsipan 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel hingga BUMD di Banua.

Jumlah 5 orang pejabat fungsional arsiparis tentu menurut Hj Nurliani masih sangat jauh dari ideal.

Bahkan karena keadaan ini, pihaknya sendiri tidak memiliki pejabat fungsional arsiparis di Unit Kearsipan Palnam yang juga memasuki masa pensiun.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved