Wabah Virus Corona

Pesawat Nganggur Pasca Penutupan Rute ke China, Menhub Rencanakan Opsi Ini

Budi Karya Sumadi berencana akan mengalihkan pesawat yang selama ini melayani rute dari dan ke China untuk melayani penerbangan ke sejumlah negara

Pesawat Nganggur Pasca Penutupan Rute ke China, Menhub Rencanakan Opsi Ini
Doumen humas Kementerian Pariwisata
Garuda Indonesia menghentikan penerbangan ke China sejak Rabu (5/2/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kebijakan pemerintah menutup penerbangan dari dan ke China sejak Rabu (5/2/2020) bakal menyebabkan sejumlah armada penerbangan menganggur.

Terkait itu,  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana akan mengalihkan pesawat yang selama ini melayani rute dari dan ke China untuk melayani penerbangan ke sejumlah negara potensial.

“Untuk tujuan negara – negara yang belum memiliki konektivitas maksimal akan dibahas detail oleh Dirjen Perhubungan Udara, “ ujarnya Budi dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (4/2/2020).

Rencana tersebut diusulkan oleh Kementerian Perhubungan guna mengatasi potensi meruginya maskapai akibat pesawat yang tidak aktif.

Kerennya Berkunjung ke Pasar Sungai Jingah Banjarmasin, Bisa Lihat Pengolahan Sasirangan

Tiba di Balangan Kalsel, Mahasiswa Perguruan Tinggi di China Ini Langsung Jalani Tes Medis

Nyinyiran Nikita Mirzani ke Musuh-musuhnya Pasca Bebas soal KDRT ke Dipo Latief, Nyai Bilang Ini

Kabar Buruk dari Almira, Cucu SBY & Ani Yudhoyono Disampaikan AHY, Suami Annisa Pohan Ungkap Ini

Sementara untuk mengatasi potensi rugi masyarakat, Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu sudah memerintahkan Dirjen Perhubungan Udara untuk berkoordinasi dan memberi solusi bagi maskapai maupun penumpang yang telah memiliki tiket dari dan ke China.

Salah satu permintaan yang disampaikan oleh Kemenhub adalah disediakannya kebijakan uang kembali atau refund oleh maskapai.

“Nanti akan dibahas detailnya, refund tiket bisa ditukar dalam bentuk pengalihan tujuan penerbangan lain yang tidak dilarang pemerintah maupun untuk tujuan yang sama (China) jika nanti penundaan sudah dicabut,” tuturnya.

Budi mengatakan, pemerintah berencana melakukan pengkajian terkait dampak penundaan sementara seluruh penerbangan dari dan ke China terhadap perekonomian nasional.

Kajian ini akan dibahas langsung dalam agenda rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan pihak-pihak terkait.

"Kebijakan penundaan penerbangan yang dilakukan ini adalah upaya bagimana melindungi Warga Negara Indonesia dari penyebaran virus Korona,” ucapnya.

Halaman
1234
Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved