Breaking News:

Berita Banjarmasin

Ikatan Keluarga Alumni Universitas Lambung Mangkurat akan Tapak Tilas Gugurnya Pahlawan Ampera

Tapak tilas peringatan ke-54 gugurnya Pahlawan Ampera, Hasanuddin HM, kembali akan digelar di halaman Bank Mandiri Regional IX Kalimantan

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SYAIFUL ANWAR
Panitia pelaksana tapak tilas Pahlawan Ampera minta arahan Ketua IKA ULM, Pangeran HG Rusdi Effendi AR, Senin (4/2/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tapak tilas peringatan ke-54 gugurnya Pahlawan Ampera, Hasanuddin HM, kembali akan digelar di halaman Bank Mandiri Regional IX Kalimantan di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Minggu, 15 Februari 2020.

Acara tersebut, digagas Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dengan menelusuri jejak perjuangan almarhum Hasanuddin HM dan kawan-kawan serta Eksponen 66.

Itu terungkap dalam pembahasan antara ketua panitia pelaksana Peringatan Pahlawan Ampera, Rizki Eri Munadi, SH, didampingi Sekretaris IKA ULM, Zoehdar Noor, saat menemui Ketua IKA, Pangeran HG Rusdi Effendi AR, di ruang kerjanya, Selasa (4/2/2020).

Acara akan diawali upacara, berupa apel,  di halaman Bank Mandiri yang merupakan eks kampus Universitas Lambung Mangkurat.

Dijelaskan Rizki, selanjutnya, diadakan tapak tilas menelusuri jejak perjuangan almarhum Hasanuddin HM dan kawan-kawan serta Eksponen 66.

Jalur tapak tilas yang akan dilewati, ke Pasar Lama, Jalan Kapten Pierre Tendean, kemudian Ajenrem 101 Antasari.

Unit Metrologi Legal Tanahlaut Sudah Beroperasi, ini SPBU Pertama yang Ditera

Disdik Kota Banjarmasin Beri Komputer ke Sekolah-sekolah, Meski Diperkirakan UNBK Bakal Dihapuskan

Pertemuan Tahunan OJK 2020, Kinerja Bank Umum Tumbuh Positif Didominasi Penyaluran Kredit Produktif

Pilkada Kalsel 2020: Bawaslu Kalsel Waspadai Tiga Hal ini

Nikah Siri Sarita Abdul Mukti & Brondong 18 Tahun Terjadi di Masa Lalu, Bikin Faisal Harris Begini

"Di Ajenderm  berhenti sejenak dengan melaksanakan mengheningkan cipta sekitar 10 menit," katanya.

Lalu, perjalanan diteruskan menelusuri Jembatan Dewi,  selanjutnya ke Ujung Murung sampai toko Minseng.

"Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, akan diadakan tabur bunga, karena di tempat tersebut terjadi penembakan hingga gugurnya Hasanuddin HM pukul 12.00 Wita," ceritanya.

Setelah itu, kembali ke Bank Mandiri dan diteruskan ziarah ke Makam Pangeran Antasari, Hasanuddin HM dan lain-lain di Jalan Melkon Temon, Banjarmasin.

Selain pelaksanaan tapak tilas, ucap Rizki, juga akan ada dialog dengan narasumber sejarawan, Sarbaini, dan mantan Ketua Dewan Mahasiswa angkatan '66, Said Alwi.

"Awalnya, dialog akan dilaksanakan saat Kamis, 13 Februari 2020. Tapi, Pak Alwi berhalangan dan akan dilaksanakan setelah tanggal 15 Februari 2020," ungkapnya.

Ketua IKA ULM, Pangeran HG Rusdi Effendi, mengatakan, di acara itu juga akan ada launching monumen Pahlawan Ampera, Hasanuddin HM. (Banjarmasin post.co.id/Syaiful Anwar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved