Berita Kalteng

Kapuas Akan Terima Hibah berupa Kapal Susur Sungai dari Kementerian Perhubungan

Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas pada tahun ini akan mendapatkan hibah bantuan berupa kapal susur sunga

istimewa/dishub kapuas
Gambaran fasilitas dari kapal susur sungai yang akan diterima Pemerintah Kabupaten Kapuas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas pada tahun ini akan mendapatkan hibah bantuan berupa kapal susur sungai dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Kapuas, Vitrianson, mengatakan kapal yang akan dihibahkan Kementerian Perhubungan tersebut cuma ada sembilan di Indonesia.

"Kabupaten Kapuas menjadi salah satu wilayah yang mendapatkan kapal susur sungai itu dimana sesuai jadwal akan diterima pada bulan November tahun 2020 ini," kata Vitrianson, Selasa (4/2/2020).

Ia pun menjelaskan penyediaan atau pengadaan Kapal Pelayaran Rakyat (PERLA) dari Kementerian Perhubungan RI tersebut sebagai perwujudan tanggung jawab Pemerintah.

Curhat Aneh Dul Jaelani & Larangan Maia Estianty ke Anak Ahmad Dhani Diungkap, Bukan Mulan!

Rekaman Sajad Ukra Hina Polisi RI Dibongkar Nikita Mirzani Setelah Sohib Billy Syahputra Itu Bebas

Postingan Istri Opick Soal Virus Corona dalam Iqro Banjir Hujatan, Bebi Silvana Minta Maaf

Guna terjaminnya kemudahan aksesibilitas bagi masyarakat yang ingin menikmati wisata susur sungai, yakni di Kabupaten Kapuas.

"Diharapkan mampu menciptakan angkutan sungai yang aman, selamat dan terjangkau bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Kapuas," ujarnya.

Vitrianson juga membeberkan fasilitas dari kapal yang akan diterima tersebut sudah sangat memadai untuk digunakan sebagai kapal susur sungai.

Itu karena fasilitas yang disediakan terbilang lengkap dengan panjang kapal sekitar 7,4 meter dan lebar 4 meter.

Selain bisa di sungai, kapal tersebut juga bisa dioperasikan di laut karena memiliki peralatan navigasi yang memadai.

"Terkait dalam hal pengelolaan dan rute susur sungai, kami akan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kapuas untuk memilih lokasi-lokasi maupun rute mana saja yang akan dilalui kapal susur sungai ini," ungkapnya.

Kapal tersebut, lanjutnya, juga bisa digunakan untuk pelayanan medis. "Ya, fasilitas medis juga ada," tandasnya.

Adapun sebelumnya Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bersama jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas telah melaksanakan rapat koordinasi dan pertemuan di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI di Jakarta terkait hibah kapal tersebut.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved