Wabah Virus Corona

Dubes China Sebut Pembatasan Impor Berdampak Buruk, Jokowi: Kepentingan Nasional Nomor Satu

Dubes China Sebut Pembatasan Impor Berdampak Buruk, Jokowi: Kepentingan Nasional Nomor Satu

Dubes China Sebut Pembatasan Impor Berdampak Buruk, Jokowi: Kepentingan Nasional Nomor Satu
KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi bencana banjir dan longsor di Kampung Banar, Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Senin (3/2/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan, sudah sewajarnya pemerintah menomorsatukan kepentingan nasional dengan membatasi komoditas impor dari China berupa hewan hidup dan menutup penerbangan dari dan ke China.

Dua kebijakan tersebut diambil untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia.

"Ya apa pun, saya sampaikan bahwa kepentingan nasional kita tetap nomor satu. Dinomorsatukan," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Hal senada disampaikan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman.

Ia mengatakan, setelah rapat terbatas di Istana Bogor, Selasa (4/2/2020) kemarin, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pembatasan impor hanya berlaku bagi hewan hidup.

King of The King Diberengus, Muncul Lagi Kerajaan Baru Kutai Mulawarman di Lokasi Ibu Kota RI Baru

Baru dari Indonesia, Bule asal Kanada Pingsan saat Tiba di Malaysia, Diduga Terinfeksi Virus Corona

Kisah Lionel Messi Sejak 16 Tahun Lalu Dibeli Barcelona 30 Juta Euro, Raih Beragam Prestasi

Karena itu, Indonesia tetap mengimpor barang lain seperti biasa dari China.

Ia pun meyakini pembatasan impor hewan hidup dari China juga dilakukan negara lain untuk mencegah masuknya virus corona ke negara masing-masing.

"Karena tindakan Pemerintah Indonesia, juga dilakukan oleh pemerintah lain di dunia. Hingga nanti saatnya akan dicabut oleh WHO, berupa pelarangan yang terkait merebaknya virus corona tersebut," kata dia.

Sebelumnya, Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian menilai, rencana penghentian impor sejumlah produk dari China oleh Indonesia berpotensi berdampak negatif terhadap hubungan perdagangan kedua negara.

"Tindakan itu akan merugikan hubungan dagang antara kedua negara dan juga akan memberikan dampak negatif kepada hubungan kedua negara," kata Dubes Xiao saat memberikan keterangan di kediamannya di Jakarta, Selasa (4/2/2020), seperti dilansir dari Antara.

Xiao mengatakan, hingga kini belum ada bukti bahwa virus corona dapat ditularkan melalui barang-barang impor.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sebelumnya telah menyatakan ketidaksetujuannya atas tindakan pembatasan perdagangan ke China.

Xiao Qian merujuk pernyataan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang menyatakan tidak ada alasan untuk mengintervensi perdagangan dan perjalanan internasional terkait virus corona.

Oleh karena itu, Dubes Xiao berharap agar Indonesia dapat mempertimbangkan saran WHO.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tanggapi Dubes China soal Pembatasan Impor, Jokowi: Kepentingan Nasional Nomor Satu",

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved