Berita Banjarbaru

Hadiri Puncak HPN 2020 di Kalsel, Jokowi Diagendakan Tanam Pohon Langka, Usianya Bisa 300 Tahun

Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq,menjelaskan pohon yang akan ditanam Presiden Jokowi ini, tergolong langka yang sudah mulai punah.

Hadiri Puncak HPN 2020 di Kalsel, Jokowi Diagendakan Tanam Pohon Langka, Usianya Bisa 300 Tahun
TRIBUN/BIRO PERS/AGUS SUPARTO
Ilustrasi-Presiden Joko Widodo meninjau progres persiapan pembangunan Ibu Kota baru di kawasan Kelurahan Pemaluan, Sepaku, Penajam Paser Utara, Selasa (17/12/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID BANJARBARU - Puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kalimantan Selatan, pada Sabtu (8/2/2020).

Rencana presiden RI, Joko Widodo akan menghadiri acara puncak HPN yang akan dipusatkan di areal Setdaprov Kalsel di Banjarbaru.

Sejumlah persiapan dilakukan termasuk dirancang ada agenda kegiatan penanaman pohon.

Presiden disiapkan untuk melakukan penanaman Pohon Mersawa Tenam atau dengan bahasa latin Anisoptera marginata Korth. Pohon ini tergolong tanaman termasuk suku meranti-merantian (Dipterocarpaceae).

Menteri Keuangan Era Presiden Soeharto, JB Sumarlin Meninggal Dunia

Video Pemusnahan Hampir 1 Ons Sabu di Polres Tabalong

Hinaan Aura Kasih ke Nagita Slavina Kembali Mencuat Seiring Heboh Body Shaming Teman Raffi Ahmad

Ucapan Pacar Chef Renatta yang Bikin Rekan Chef Juna & Chef Arnold Ingin Lempar Sendal

Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, Kamis (6/2/2020) menjelaskan pohon yang akan ditanam Presiden Jokowi ini, tergolong langka yang sudah mulai punah.

"Usia pohon ini bisa sampai 300 tahun, tingginya bisa mencapai empat hingga 50 meter dengan diameter mencapai meter lebih," kata Hanif Faisol Nurofiq.

Posisi yang akan ditanam oleh Prwsiden disiapkan di tengah.

"Memilih tanaman meranti merantian atau dipterocarpaceae sebagai ciri khas hutan di Kalsel. Dan diberi yang besar biar membeda," kata Hanif.

Direncanakan ada dua prasasti pada saat yang bersamaan di momen penanaman di hutan kota itu. Pertama
direncanakan akan dibangun hutan pers taman spesies endemik Indonesia. Kedua, meresmikan taman hutan hujan tropis Indonesia.

Menurut Hanif, untuk penamaan Miniatur Hutan Hujan Tropis (M2HT) pun akan diubah menjadi hutan hujan tropis Indonesia. Menyambut gerbang hutan negara.

Dijelaskan Hanif, jika kemudian dirwsmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, tanaman hutan hujan tropis Indonesia ini akan menjadi pertama yang diresmikan karena belum ada di daerah lain.

"Ini jelas suatu kebanggaan kita semua sebagai rakyat Kalsel," kata Hanif tanpa memperinci detai kapan dan teknis detail pelaksanaan penanamana dan peresmian simbolis tersebut.

Bahkan, bukan hanya Prwsiden saja, akan tetapi juga disiapkan beberapa pohon lainnya untyk ditanah orang kabinet Indonesia Maju, termasuk isteri presiden Iriana Jokowi.

Suami Pancung Istri, Lalu Bawa Kepalanya Berjalan Sejauh 2 Km Sambil Bernyanyi Lagu Kebangsaan

Perceraian Barbie Kumalasari - Galih Ginanjar Dibahas, Foto Prewedding Seteru Nikita Mirzani Viral

Terparah di Sejak 20 Tahun Terakhir, Banjir di Tabalong Hingga Setinggi Atap

Hanif berharap, dengan presiden dan kabinetnya yang menanam, secara politik, pendidikan, edukasi, dan rekreatif akan semakin menyadarkan warga untuk menanam dan menanam.

Sekedar diinformasikan akan ada Slsebanyak 74 spesies di seluruh Indonesia akan di tanam pada acara puncak HPN 2020 di Kalsel yang dipusatkan di Setdaprov Kalsel di Banjarbaru. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved