Berita Banjar

VIDEO Jelang Bebas, Andikpas LPKA Martapura Jalani Latihan Kerja

Anak didik pemasyarakatan (andikpas) yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Martapura, Kabupaten Banjar

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Anak didik pemasyarakatan (andikpas) yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), terus mendapatkan pembinaan intensif.

Bahkan mereka yang masa hukumannya hampir selesai, mendapat pembinaan ekstra berupa latihan kerja (latker).

"Kegiatannya antara lain bisa di tempat pencucian mobil, bengkel, pertukangan dan lain-lain," ucap Kasubsi Klasifikasi merangkap Humas LPKA Kelas 1 Martapura, Robbyanoor, Kamis (6/2/2020).

Latker tersebut berada di lingkungan LPKA Kelas 1 Martapura di kawasan Jalan Pintu Air, Tanjungrema Darat, Kecamatan Martapura.

Zainudin Terbangun Dengar Desarnya Aliran Air, Warga Juai Tanjung Saksikan Dapurnya Terendam

Siswa Terpaksa Diliburkan karena Madrasah Aliyah Al Kautsar Kabupaten Tanahbumbu Kebanjiran

Pabrik Uang Teddy, Suami Lina Bikin Hotman Paris Takjub, Setara dengan Sule si Ayah Rizky Febian?

Ucapan Pacar Chef Renatta yang Bikin Rekan Chef Juna & Chef Arnold Ingin Lempar Sendal

Tempatnya di sekitar area halaman depan. Di sisi kanan halaman setempat ada bangunan sederhana yang khusus untuk tempat latker.

Robbyanoor mengatakan andikpas yang menjalani latker tersebut mendapat pengawasan ketat dari petugas karena tempatnya berada di luar gedung utama.

Termasuk ketika andikpas menjalani latker di tempat lain seperti di Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

Lebih lanjut ia menyebutkan saat ini jumlah andikpas di LPKA Kelas 1 Martapura sebanyak 65 orang. Seluruhnya tiap hari menjalani pembinaan intensif yang fokusnya pada kegiatan belajar dan siraman rohani.

"Utamanya kegiatan pesantren, belajar mengaji, memperkuat ilmu agama supaya menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu juga ada kegiatan belajar pelajaran umum, ada program kejar paket di sini," tandasnya.

Selain itu andikpas setempat juga mendapat pembinaan kegiatan ekstrakurikuler atau pengembangan bakat. Contohnya latihan kegiatan kepramukaan, olahraga dan lainnya.

Salah seorang andikpas yang hampir bebas, Sikin dari Balangan, mengaku mendapat banyak ilmu bermanfaat selama menjalani pembinaan di LPKA Kelas 1 Martapura.

Sungai Riam Kiwa Meluap, Rumah Warga di Desa Jati Baru Terendam, Akses Jalan Pun Putus

Petugas Temukan Silet dan Sendok Besi di Kamar Tahanan Rutan Kelas II B Marabahan

Perpisahan Roger Danuarta & Cut Meyriska yang Sedang Hamil, Icha Sedih Tak Dampingi Umrah Suami

Setelah kelak bebas dan kembali ke kampung halaman, ia berjanji akan menjadi pribadi yang lebih baik.

"Nanti saya akan bekerja di warung karena saya punya keterampilan di bidang itu," tandasnya kepada banjarmasinpost.co.id, di sela aktivitasnya menjalani latker di halaman depan LPKA setempat.(banjarmasinpost.co.id /roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved