Berita Kabupaten Banjar

Galuh Cantik dari Kabupaten Banjar Ini Tetap Promosikan Kain Sasirangan, padahal Lagi di Perantauan

Lama tak terdengar kabarnya, Galuh 2018 Kabupaten Banjar, Aulia Agustina, kini berdosimili di Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Galuh Cantik dari Kabupaten Banjar Ini Tetap Promosikan Kain Sasirangan, padahal Lagi di Perantauan
Aulia Agustina untuk banjarmasinpost.co.id
Aulia Agustina 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Lama tak terdengar kabarnya, Galuh 2018 Kabupaten Banjar, Aulia Agustina, kini berdosimili di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia hijrah ke Kota Daeng tersebut sejak sekitar setahun lalu karena mengikuti sang suami yang bertugas di sana.

Meski berada di perantauan, namun Aulia tak pernah lupa dengan Banua (Kalimantan Selatan). Sebaliknya, ia selalu ingat karena dirinya kebetulan sangat menggandrungi kain Sasirangan yang merupakan salah satu ikon sekaligus warisan nenek moyang.

Ia tetap gemar mengenakan busana berbahan kain Sasirangan selama menetap di Makassar. Seperti saat jalan-jalan ke tempat publik atau menghadiri acara seremonial, Aulia kerap mengenakan busana Sasirangan.

VIDEO Adu Jotos Guru Matematika Vs Guru Honorer di Medan, Terungkap Honorer Ternyata Anak Kepsek

JADI Viral, Surat Curahan Hati Peserta CPNS Aceh yang Kritik Sistem Ujian, Isinya Bikin Haru

Rekonstruksi Kasus Penyiraman Novel Baswedan, Tertutup dan Dikawal Polisi Bersenjata Laras Panjang

"Kebetulan ada salah satu orang asli Makassar, kenalan saya di sini, yang suka mengoleksi kain khas Kalimantan. Katanya, dulu sering wisata ke Kalimantan dan dia tertarik dengan kain Sasirangan," tutur Aulia, Jumat (7/2/2020).

Aulia Agustina
Aulia Agustina (Aulia Agustina untuk banjarmasinpost.co.id)

Bahkan kenalannya tersebut juga mengoleksi kain Sasirangan dan bangga memiliki kain khas Banua tersebut. "Motifnya itu menarik kata dia. Apalagi makin kesini makin banyak motif kekinian yang dibikin oleh perajin muda Sasirangan," tandasnya.

Perempuan yang juga seorang modeling ini mengatakan dirinya juga berencana berbisnis kain Sasirangan di Makassar. Ia optimistis peluang usaha tersebut prospektif mengingat ketika dirinya mengenakan Sasirangan, banyak orang di sekitarnya yang tertarik.

Dari foto-fotonya yang mengenakan busana Sasirangan, banyak juga teman dan koleganya di Makassar yang tanya-tanya kain apa yang ia kenakan. "Saya jawab kain khas Kalimantan yakni Sasirangan. Mereka bilang bagus motifnya. Bahkan ada yang minta dibawain kain Sasirangan kalau saya pulang kampung," beber Aulia.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved