Serambi Mekkah

Unisulla Tawarkan Beasiswa Menggiurkan Ini Bagi Pelajar Banjar

Wakil Rektor III M Qomaruddin mengatakan pihaknya membuka diri kebar-lebar menampung kalangan pelajar dari mana pun. Termasuk pelajar dari Banjar

Unisulla Tawarkan Beasiswa Menggiurkan Ini Bagi Pelajar Banjar
MC Dinas Kominfo Banjar
AKRAB - Suasana pertemuan antara Sekda Banjar HM Hilman dan rombongan Unisulla berlangsung akrab 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA – Pembangunan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), terus mengalami peningkatan signifikan. Daerah ini pun makin kerap menjadi tujuan studi banding maupun penjajakan kerjasama dari berbagai daerah.

Terkini di antaranya kunjungan dari rombongan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah (Jateng), beberapa hari lalu. Rombongan dipimpin Wakil Rektor III M Qomaruddin.

Kedatangan mereka disambut petinggi Pemkab Banjar di Aula Barakat, Martapura. Sekretaris Daerah (Sekda) Banjae HM Hilman ST MT didampingi sejumlah pejabat teras menyambut secara ramah para tamu dari luar daerah tersebut.

Kunjungan tersebut dalam rangka peningkatan kualitas di bidang pendidikan dan kesehatan. Unissula sebagai universitas yang berpredikat A dengan slogannya Bismillah membangun generasi khaira ummah, berkomitmen membentuk mahasiswa yang memiliki kualitas terbaik karena hal itu merupakan salah satu tolok ukur dari keberhasilan universitas.

Wakil Rektor III M Qomaruddin mengatakan pihaknya membuka diri kebar-lebar menampung kalangan pelajar dari mana pun. Termasuk pelajar dari Kabupaten Banjar yang hafidz Alqur'an. Ini karena Unissula memilki jalur beasiswa khususnya jalur hafidz Quran.

“Universitas kami memilki jalur khusus, kepada calon mahasiswa yang hapal 30 juz, yang masuk melalui tahapan khusus, dan jika lulus akan kami beri gratis kuliah pada semua fakultas di Unissula," ucapnya.

Tapi pada Fakultas Kedokteran, lanjut Qomaruddin, ada syarat lain yang mesti dipenuhi. Khusus untik Kalimantan Selatan, Unissula memberi skema khairi ummah yang diperuntukan bagi putra daerah Kalimantan Selatan sebanyak 25 orang, khusunya Kabupaten Banjar.

Dalam kaitan iru, pihak Unissula dengan Sekda Provinsi Kalimantan Selatan telah melakukan koordinasi.

“Kuota sebanyak 25 orang itu khusus pada lmu Keperawatan, karena kami di Banjarbaru ada RS Islam Sultan Agung. Harapan kami, dokter, perawat, dan bidannya lulusan Unisulla, yang biaya akan murni ditanggung yayasan kami yakni Yayasan Sultan Agung,” tandasnya

Pertemuan antara Sekda Banjar HM Hilman dan rombongan Unisulla berlangsung akrab.
Pertemuan antara Sekda Banjar HM Hilman dan rombongan Unisulla berlangsung akrab. (MC Dinas Kominfo Banjar)

Sementara itu, Sekda Banjar HM Hilman menyambut baik kunjungan rombongan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Apalagi konsep agamis pada Unissala sama halnya dengan masyarakat Kabupaten Banjar yang disebut dengan julukan Serambi Mekkah.

“Pemkab Banjar terus berupaya mewujudkan masyarakat sejahtera dan barokah. Pada visi pertama, mengedepankan dalam pelayanan dan pemerintahan bernuansa Islami,” kata Sekda.

Dikatakannya, hal tersebut sejalan dengan Unissula. Banyak hal yang didiskusikan mengenai visi Bupati terkait pelayanan kesehatan dan pendididkan. Salah satunya terkait beasiswa hafidz Quran.

“Banyak pondok pesantren di Kabupaten Banjar. Harapannya bisa melanjutkan pendidikannya pada Unissula karena potensi lulusan pondok pesantren kita banyak hafal Alqur'an,” ujar Hilman. (AOL)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved