Berita Banjarbaru

VIDEO Presiden Joko Widodo Resmikan TPA Banjarbakula di Banjarbaru, Olah Sampah 5 Kabupaten Kota

Presiden Jokowi meresmikan TPA Banjarbakula di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru Kalsel. TPA ini mengolah sampah dari 5 Kabupaten Kota

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pemencetan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden RI, Joko Widodo menandai peresmian Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula di Gunung Kupang, Banjarbaru, Jumat (7/2/2020) sore.

Dalam peresmian ini, Jokowi didampingi, Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Menteri Polhukam Machfud MD, Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto.

Terpantau pula Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani. Ada pula Ketua DPRD Kalsel, Supian Hk, Bupati Banjar, KH. Khalilurrahman, dan sejumlah pejabat kementerian dan pejabat di lingkup Pemprov Kalsel.

Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutannya mengemukakan, persoalan sampah bukan hal yang sepele. Jika dibiarkan, maka sampah bisa menyebabkan bencana, semisal Banjir dan sjenisnya.

Puncak Awarding Night SPS 2020, 165 Penghargaan Diserahkan

Sosialisasikan Virus Corona, KSOP Bahas Kapal-Kapal China Loading Batubara di Tabunio

Nama Anak Ayu Ting Ting & Didi Riyadi Disiapkan, Pernikahan dengan Sohib Ruben Onsu & Igun Dibahas

Sikap Maia Estianty pada Putri Mulan Jameela & Ahmad Dhani, Safeea di Postingan Dul Jaelani Disorot

"Sampah akan terus bertambah sejalan dengan jumlah penduduk, karena itu perlu ditata dengan baik dengan teknologi dan sistem pengelolaan yang baik. Tidak mudah untuk mengatur sampah ini. Mengatur di satu tempat saja sulit apalagi di gabungan beberapa daerah," urainya.

Presiden RI, mengapresiasi atas keberadaan TPA Regional Banjarbakula ini dan pengelolaannya bisa melibatkan beberapa kabupaten kota.

"Insya Allah, setelah diresmikan ini bisa berjalan dengan baik. Karena itu saya melihat langsung ke sini, dan ternyata benar TPA seluas 15 hektar ini, bisa menampung sampah sampai 790 ton dari lima kabupaten kota per hari," kata Jokowi.

Dilokasi TPA ini juga Jokowi menyempatkan membutkikan TPA setempat bisa memeroses air lindi 1, 5 liter per detik

. "TPA ini menggunakan sanitary landfill sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar," urainya.

Dijelaskan dia, TPA Banjarbakula ini bisa menjadi contoh Provinsi lain yang bisa mengembangkan.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved