HPN 2020

Pamer Video Pemenang Desain Ibu Kota Negara, Jokowi Wacanakan Bangun Tol ke Kalsel dari IKN Kaltim

Joko Widodo sempat memamerkan video pemenang desain Ibu Kota Negara (IKN) dari 257 peserta yang ikut sayembara IKN di Momen HPN 2020 di Kalsel.

banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Presiden Jokowi ketika menyampaikan sambutan di acara HPN di Halaman Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Sabtu (8/2/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pemerintah Republik Indonesia dibawah kepemimpinan Joko Widodo, mengaku sangat serius untuk memindahkan ibu kota negara ke Penajam Paser, di Kalimantan Timur.

Terkait pernyataanya itu,  presiden RI, Joko Widodo sempat memamerkan video pemenang desain Ibu Kota Negara (IKN) dari 257 peserta yang ikut sayembara IKN di Momen HPN 2020 di Kalsel.

"Pemerintah sangat serius dalam rangka pemindahan ibukota. Bukan memindahkan saja tapi nanti dan sistem kerja yang baik. Kita ingin menginstal sebuah sistem pola kerja yang baik dan cepat," kata Jokowi.

Untuk tahap pertama, presiden mengatakan akan membangun lokasi pembibitan atau persemaian modern lebih dulu atau Nursery.

Kemendikbud Paparkan Soal Kebijakan Kampus Merdeka, Begini Teknis Pelaksanaannya

Hadiri Puncak HPN 2020, Kadiv Humas Polri Harapkan Peran Pers Perangi Penyebaran Hoax

Beda Jawaban Rizky Febian & Teddy Soal Lenyapnya Perhiasan Lina Senilai 2 M, Apa Kata Anak Sule?

Viral Saldo Fantastis Rekening King of The King di BNI, Nilainya Capai Rp 720 Triliun, Ternyata?

"Kita akan bangun Nursery dulu. Nantinya di lokasi itu bisa menampung dan produksi 17 juta bibit pohon. Kita akan wujudkan Ibu kota negara baru yang ramah lingkungan, smart city, semua kendaraan adalah listrik, ramah pejalan kaki, dan dekat dengan alam," kata Presiden Joko Widodo.

Pria yang biasa disapa Jokowi tersebut mengatakan untuk Nursery itu Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) menyiapkan lahan seluas 120 Hektar di Kalimantan Timur dari total luasan untuk IKN 3000 hektar.

Selain menjadi pusat pembibitan dan kebun benih, pada lokasi ini juga akan dibuat Arboretum atau taman hutan dengan koleksi tanaman endemik Indonesia. Serta akan berfungsi juga sebagai taman rekreasi dan sarana olahraga.

Jokowi setelah berbincang dengan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor baru sadar bahwa posisi Ibu Kota Negara di Penajam Paser Utara, Kaltim dekat dengan Kalimantan Selatan.

"Jadi saya tanya tadi ke Gubernur, jarak dari sini (Banjarbaru, red) berapa jauh ke ibu kota jika dibangun jalan tol? dijawab kurang lebih tiga sampai empat jam, jadi memang dekat," kata Jokowi.

Bahkan Jokowi baru sadar pula posisi Panajam Paser Utara dekat juga dengan Batulicin, Kalsel.

Halaman
123
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved