Travel

Jalan ke Air Terjun Mandin Mangapan Diaspal, Begini Reaksi Warga Paramasan

Pembangunan ruas jalan ini diharapkan dapat menjadi akses menuju Wisata Air Terjun Mandin Mangapan yang di kembangkan sebagai destinasi wisata

Jalan ke Air Terjun Mandin Mangapan Diaspal, Begini Reaksi Warga Paramasan
istimewa
Air terjun Mandin Mangapan di Paramasan Atas Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Dinas PUPR KalSel melalui Bidang Bina Marga melakukan pembangunan jalan ruas Paramasan Bawah sampai dengan Paramasan Atas, yang terletak diantara berbatasan Kabupaten Banjar dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Pembangunan ruas jalan ini diharapkan dapat menjadi akses menuju Wisata Air Terjun Mandin Mangapan yang  di kembangkan sebagai salah satu destinasi wisata turis lokal maupun mancanegara.

Total panjang ruas kurang lebih 24 KM. Dengan rinician kondisi penanganan perkerasan jalan sebesar 11 KM dan untuk proses pengaspalan dikerjakan sepanjang 1.2 KM.

Kondisi itu disambut baik warga dan dibenarkan Rupiana warga Paramasan.

" Iya benar sudah ada yang diaspal. Ada juga yang belum Dari dusun paring kandal sampai paramasan atas belum. Lumayan jauh. Alhamdulillah kami di sana selalu bersyukur dan berterima kasih kepada pihak pemerintah karena telah memberikan akses jalan untuk kemajuan kampung kami,"ungkap Rupaiana.

Heboh, Suhu Badan Mahasiswa Jiangsu Asal Tala Dikabarkan Diatas Rata-rata, Ini Penjelasan Kadinkes

Mengungsi, Kini Korban Banjir Bakarangan Tanahbumbu Mulai Kekurangan Makanan

Nikah Siri Nikita Mirzani dengan Pengusaha Ini Berujung Gagal, Sohib Billy Syahputra Beri Peringatan

Bukan Luna Maya! Dalang Perusak Rumah Tangga Syahrini & Reino Barack Disebut Wanita Indigo Ini

Menurutnya, Warga Paramasansangat berterimakasih atas perhatian pemerintah yang telah membangun jalan tempat wisata yang ada di daerah setempat.

"Kami semua merasa lebih terbantu dengan adanya pembangunan jalan tersebut. Yang belum aspal sudah pengerasan," kata Rupiana.

Wilayah pedalaman di Kabupaten Banjar banyak yang menyimpan pesona wisata alam. Desa Paramasanatas ada air terjun Mandin Mangapan.

Sebelumnya jalan ke air terjun Umumnya cuma berupa jalan setapak atau jalan kampung yang sempit dan sangat susah dilewati.

Pelancong menikmati keindahan alam di Air Terjun Mandin Mangapan, beberapa waktu lalu. Saat ini jalan menuju objek wisata alam ini makin hancur.
Pelancong menikmati keindahan alam di Air Terjun Mandin Mangapan, beberapa waktu lalu. Saat ini jalan menuju objek wisata alam ini makin hancur. (istimewa/ Muhammad Aulia)

Mandin mangapan berlokasi di Desa Paramasan Atas, Kecamatan Peramasan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Mandin Mangapan merupakan air terjun dengan ketinggian lebih kurang 30 meter, berada di pedalaman kalimantan selatan pasnya di Gunung Ambilatau desa Paramasan Atas.

Jarak untuk menempuh perjalanan kurang lebih akan menghabiskan waktu selama 3 jam menuju Kecamatan Paramasan didalam perjalanan pengunjung akan melewati lokasi pedesaan Bancing dan Peramasan atas yang dihuni oleh masyarakat suku Dayak Paramasan.

Kelakuan Asli Teddy Dibongkar Ibunda Lina, Semua Berbau Sule si Ayah Rizky Febian Dikorbankan

Raffi Ahmad Kehilangan Rp 15 M Gegara Lakukan Ini Bareng Nagita Slavina, Efek Sakit Kakak Syahnaz

Ustadz Abdul Somad Ungkap Fakta Penemu Virus Corona, UAS: Bukan Dokter di Wuhan China Li Wenliang

Perjalanan kesana bisa menikmati banyak pemandangan pegunungan yang luas dan hijau.

"Saat tiba di air terjun mangapan saya merasakan kesejukan luar biasa 20 meter sebelum tiba di air terjunya sudah terasa dingin dengan keadaan air yang jernih dan ketinggian air terjun kurang lebih sekitar 30 meter. Ulun asli orang Paramasan. Jadi dari rumah saya 30 menit saja," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved