Breaking News:

Berita Banjarmasin

VIDEO Ketua IKWI Diajak Makan Soto Banjar dan Pelajari Proses Membuat Sasirangan di Banjarmasin

Masih dalam momen Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) menggelar Silaturahim IKWI berlokasi di Rumah Anno

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Masih dalam momen Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) menggelar Silaturahim IKWI berlokasi di Rumah Anno, kawasan Siring Menara Pandang, Jalan Kapten Piere Tendean Banjarmasin, Minggu (9/2/2020).

Ketua IKWI, Indah Karina Atal S Depari, beserta rombongan keluarga besar IKWI Pusat dan IKWI dari berbagai daerah lainnya di Indonesia diajak istri Wali Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, dan Ketua IKWI Provinsi Kalsel, Minarni Helmi, mencicipi kuliner khas Banjarmasin, Soto Banjar.

Selain itu, di Galeri Dekranasda Kota Banjarmasin di lantai 2 Rumah Anno, mereka juga dijelaskan proses pembuatan kain khas Kalsel, kain sasirangan, oleh Hj Siti Wasilah.

Dengan cekatan, sambil memeragakan langsung, Hj Siti Wasilah menunjukkan tahapan dan proses pembuatan kain sasirangan.

Ketua IKWI, Indah Karina Atal S Depari mengaku cukup terkejut bahwa proses pembuatan sasirangan mulai dari proses pembuatan pola, menggambar pola, menjahit kain, mewarnai hingga menjadi produk akhir ternyata bisa memakan waktu berhari-hari.

Mengetahui proses pembuatan kain sasirangan yang rumit dan memakan waktu panjang, Indah nyatakan tak heran kain sasirangan menjadi kebanggaan masyarakat Kalsel.

"Sudah tahu prosesnya ternyata rumit dan panjang. Saya jadi tidak tega, kalau saat mau beli, ditawar lagi," kata Indah sambil bercanda.

Walau sudah cukup lama menjadi penggemar dan miliki koleksi kain sasirangan, namun Indah nyatakan perkembangan motif, warna dan kreasi kain sasirangan di Kalsel begitu pesat melalui inovasi dan membuat kain sasirangan tak hanya terpaku pada model dan motif-motif klasik saja.

Sudah Diperiksa di Jiangsu Cina, Warga Kabupaten Hulu Sungai Tengah Ini Telah Kumpul Keluarga

Warga Tapin Ini Jalani Cek Kesehatan di 4 Bandara, Terlama di Bandara Internasional Syamsuddin Noor

Baru Pulang Sendiri dari Cina, Ini Kata Mahasiswa Asal Takisung Kabupaten Tanahlaut

VIDEO Foto Pewarta di Banjarmasin Diserbu Pengunjung, Duta Besar Maroko Bilang Begini Tentang Kalsel

Aksi Chef Renatta Buat Sosok Ini Terpesona, Inspirasi Renatta Moelok Bukan Chef Arnold, Chef Juna?

Bukan Luna Maya! Dalang Perusak Rumah Tangga Syahrini & Reino Barack Disebut Wanita Indigo Ini

Industri kain sasirangan yang terus berkembang di Kalsel menurutnya juga bisa menjadi Inspirasi bagi ibu-ibu keluarga besar IKWI di Kalsel sebagai peluang untuk berbisnis kerajinan lokal dan ikut genjot roda perekonomian keluarga dan daerah.

Hj Siti Wasilah juga jelaskan kepada rombongan IKWI, bahwa kain sasirangan menjadi salah satu industri besar di Banjarmasin dan Kalsel pada umumnya yang melibatkan ribuan bahkan puluhan ribu orang dalam produksinya sekaligus ikut menggerakkan ekonomi kreatif Kota Seribu Sungai ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved