Berita Internasional

Donald Trump Ngamuk Lalu Banting Telepon Ke PM Boris Johnson, Gara-gara Inggris Beri Izin Huawei

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan membanting teleponnya usai menghubungi Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Donald Trump Ngamuk Lalu Banting Telepon Ke PM Boris Johnson, Gara-gara Inggris Beri Izin Huawei
AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/SCOTT OLSON
Presiden AS Donald Trump memberikan pidato dalam kampanye di Battle Creek, Michigan, pada 18 Desember 2019. Kampanye tersebut terjadi setelah DPR AS menyetujui pasal pemakzulan, dan menjadi presiden ketiga dalam sejarah AS yang dimakzulkan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan membanting teleponnya usai menghubungi Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Seperti yang disampaikan seorang sumber kepada Evening Standard.

Panggilan yang disebut oleh seorang sumber menggambarkan situasi yang sangat sulit itu muncul setelah Johnson menantang Trump.

Bahkan pengganti Theresa May itu kini memberikan hak bagi perusahaan telekomunikasi raksasa China Huawei untuk mengembangkan jaringan 5G di Inggris.

Ini tentu saja memicu kemarahan Trump karena tindakan Johnson tampak jelas mendukung perusahaan yang dibenci Trump, Huawei.

Kejanggalan Kematian Anak Finalis Indonesian Idol, Kuasa Hukum Karen Pooroe Sebut Nama Marshanda

Dimutasi Jadi Kapolda Maluku Utara, Ini Kesan Brigjen Rikwanto Ketika Jadi Wakapolda Kalteng

Andre Rosiade Bakal Dilaporkan ke Polisi Hari Ini, Tuduhannya Bantu Perdagangan Orang

Sempat Merintih Minta Tolong di dalam Pos Polisi, Gadis Remaja Ini Akhirnya Tewas Kehabisan Darah

Atas tindakan tersebut, suami Melania Trump dan sekutunya pun mengancam bahwa mereka akan mundur dari kerja sama keamanan dengan Inggris jika kesepakatan itu tetap dilanjutkan.

Dikutip dari laman businessinsider, Senin (10/2/2020), ancaman Trump dilaporkan membuat marah pemerintah Inggris, Johnson pun kesal karena tidak memperoleh kesepakatan alternatif antara AS dan Inggris.

Menyusul panggilan telepon yang berakhir amukan Trump itu, Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan bahwa pemerintahan Trump telah sangat jelas menunjukkan kekecewaan terhadap tindakan Inggris.

Sementara itu, akun resmi pemerintahan Inggris mengisyaratkan bahwa pertikaian itu seharusnya tidak terjadi.

Bahkan Johnson juga menggarisbawahi betapa pentingnya kerja sama antar negara.

"Betapa pentingnya negara-negara untuk bekerja sama mendiversifikasi pasar dan mematahkan dominasi sejumlah kecil perusahaan," kata Johnson, dalam keterangan resminya.

Perlu diketahui, surat kabar lokal Inggris The Sun melaporkan pada Jumat lalu bahwa Johnson telah mengajukan kembali rencana perjalanan ke AS hingga Maret mendatang.

Terkait memanasnya hubungan antara Donald Trump dan Boris Johnson, perwakilan Johnson pun enggan berkomentar.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Trump Banting Telepon 'Ngamuk' Ke Boris Johnson, Dipicu Inggris Beri Izin Huawei,

Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved