Lifestyle

Tips Mengatur Keuangan Ibu Milenial, Tunda Belanja Apapun di Luar Kebutuhan Pokok

Permasalahan dalam hal keuangan yang sering terjadi disebabkan oleh ketidakterampilan mengelola keuangan keluarga cukup banyak.

istimewa
Nailiya Nikmah Ketua Jurusan Akuntansi Poliban Banjarmasin 

Oleh: Nailiya Nikmah Ketua Jurusan Akuntansi  Poliban Banjarmasin

BANJARMASINPOST.CO.ID - Menjadi pemegang sekaligus pengelola keuangan keluarga merupakan sebuah amanah yang tidak bisa disepelekan oleh para ibu. Meski terkesan sederhana, hal tersebut menuntut keterampilan khusus agar keuangan keluarga dapat dikelola dengan lebih baik. 

Permasalahan dalam hal keuangan yang sering terjadi disebabkan oleh ketidakterampilan seseorang mengelola keuangan keluarga cukup banyak.

Hal yang paling sering muncul yaitu lebih besar pengeluaran daripada pemasukan yang biasanya akan memicu permasalahan berikutnya, yaitu terlalu banyak hutang, sehingga setiap bulan pemasukan justru habis untuk membayar tagihan. 

 Problem lainnya adalah beberapa kejadian atau peristiwa tak terduga yang memerlukan dana besar seperti ada anggota keluarga yang sakit atau hal lainnya tidak dapat diantisipasi dengan baik akibat tidak ada pengaturan atau pengelolaan yang baik.

Donald Trump Ngamuk Lalu Banting Telepon Ke PM Boris Johnson, Gara-gara Inggris Beri Izin Huawei

Bupati Balangan Serahkan Dana Hibah Pengamanan Pilkada ke Polres Balangan

Mantan jadi Penggoda Pernikahan Syahrini - Reino Barack Disebut Perempuan Ini, Sikap Reino?

Perubahan Tubuh Nagita Slavina Disinggung, Istri Raffi Ahmad Kurusan, Ayah Rafathar Malah Begini

Persoalan lainnya adalah kadang-kadang tidak ada pos dana untuk kebutuhan berlibur atau rekreasi, padahal traveling juga termasuk dalam kebutuhan keluarga meski tidak perlu berlebihan. Yang paling ekstrem adalah setiap awal tahun ajaran para ibu selalu kerepotan membayar dana pendidikan untuk anak-anak, apalagi jika bersamaan dengan momen libur dan hari raya.

Berikut tips mengelola keuangan keluarga bagi ibu milenial:

1. Anggarkan Biaya Bulanan dengan Cermat

Jantung pengelolaan keuangan ada pada penganggaran. Anggarkan biaya bulanan dengan cermat. Dahulukan hal-hal wajib seperti cicilan hutang, tagihan listrik, air, telepon, biaya pendidikan anak, kebutuhan primer seluruh anggota keluarga dan seterusnya. Atur sedemikian rupa supaya pengeluaran tidak melebihi penghasilan.

2. Catat Sirkulasi Keuangan 

Halaman
1234
Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved