Berita Banjarmasin

Begini Tantangan Media dalam Mendukung Pariwisata

Menggali peran media dalam promosi wisata khususnya di Kota Banjarmasin, Kalsel, LKBN Antara menggelar konferensi pers melibatkan Tokoh Pers

Begini Tantangan Media dalam Mendukung Pariwisata
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Konferensi Pers Peran Media Dukung Wisata Daerah LKBN Antara di Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menggali peran media dalam promosi wisata khususnya di Kota Banjarmasin, Kalsel, LKBN Antara menggelar konferensi pers melibatkan Tokoh Pers dan Pemerintah Daerah Kota Banjarmasin, Senin (10/2/2020).

Pada konferensi pers ini hadir Direktur UKW PWI, Rajab Ritonga, Unsur Pimpinan Dewan Pers, Ahmad Djauhar dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Ehsan El-Haque.

Disampaikan Direktur UKW PWI, Rajab Ritonga, peran media dalam mempromosikan pariwisata akan mudah jika kondisi, keadaan objek wisata dan kultur masyarakatnya dalam menjaga serta merawat objek wisata sudah baik.

Namun sebaliknya, jika masih didapati banyak pekerjaan rumah baik bagi Pemerintah dalam hal dukungan terhadap objek wisata maupun masyarakat dalam hal kesadaran menjaga kebersihan lokasi wisata, tentu sulit pula bagi media untuk leluasa menyiarkan keunggulan objek pariwisata tersebut.

Pacar Baru Ayu Ting Ting Muncul? Foto Kemesraan Teman Dekat Didi Riyadi & Ivan Gunawan Saat di Rusia

Dewi Perssik Ikut Dipecat dari LIDA 2020? Juga Ramai Dicari Sosok Soimah & Iis Dahlia di Acara Itu

Pernikahan Aurel & Atta Halilintar Dibahas? Ashanty Posting Soal Meeting Bareng Anang Hermansyah

Media menurutnya tidak bisa juga menutup mata atas kekurangan yang masih ada di objek wisata dan hanya menjual kelebihan objek wisata tersebut.

"Tidak bisa juga diberitakan begitu saja jika di tempat wisata banyak masalah. Kalau Infrastruktur, konektivitas dan transportasi, budaya masyarakat sudah oke, memang mudah," kata Rajab.

Karena itu menurut Rajab, penting bagi media dan khususnya wartawan untuk memiliki pedoman liputan pariwisata.

Kasus seperti ini juga menurut Unsur Pimpinan Dewan Pers, Ahmad Djauhar, masih juga didapati di Kota Banjarmasin yang menjual pariwisata berbasis sungai sebagai andalan sektor pariwisatanya.

Djauhar menilai masih begitu banyak potensi wisata sungai yang masih dapat dimaksimalkan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Salah satu hal yang menjadi tantangan menurutnya adalah masih belum optimalnya kultur masyarakat khususnya tentang kebersihan untuk mendukung pariwisata sungai di Banjarmasin.

Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Ehsan El-Haque menyatakan Pemerintah Kota Banjarmasin sudah melakukan berbagai upaya untuk membalikkan kultur terkait kebersihan tersebut.

Salah satunya melalui Gerakan Lomba Angkat Lumpur yang tak jarang diikuti langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina untuk mengajak masyarakat membersihkan sungai secara rutin dan bergotong-royong.

"Lomba Angkat Lumpur antar RT, antar kampung ini dilakukan untuk memancing partisipasi masyarakat menjaga Sungai," kata Ehsan El-Haque.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved