Berita Banjarmasin

Lebih 1.500 Mahasiswa Akan Hadiri Peringatan Gugurnya Pahlawan Ampera di Banjarmasin

Sekitar 1.500-2.000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menghadiri tapak tilas peringatan gugurnya

Lebih 1.500 Mahasiswa Akan Hadiri Peringatan Gugurnya Pahlawan Ampera di Banjarmasin
BANJARMASINPOST.CO.ID/SYAIFUL ANWAR
Rapat panitia peringatan ke-54 gugurnya Pahlawan Ampera, Hasanuddin HM, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (12/2/2020). 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Sekitar 1.500-2.000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menghadiri tapak tilas peringatan gugurnya Pahlawan Ampera, Hasanuddin HM, ke-54 di halaman Bank Mandiri Regional IX, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Sabtu (15/2/2020) pukul 07.00 Wita.

Selain mahasiwsa, acara rutin digelar tiap tahun tersebut juga dihadiri Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

Rencana, Paman Birin, panggilan akrab Gubernur bersama Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Pangeran HG Rusdi Effendi AR, Rektor ULM, Prof Dr Sutarto Hadi, dan tamu undangan akan membuka tirai di acara launching monumen pahlawan Ampera, Hasanuddin HM, dan pendiri ULM, Brigjend H Hasan Basri.

"Di acara peringatan tapak tilas Ampera ini juga akan ada launching monumen Hasanuddin HM dan Brigjend Hasan Basri. Insha Allah, tahun ini relief monumen keduanya selesai di bangun di lingkungan ULM," janji Rusdi Effendi saat rapat panitia acara Nafak Tilas di ruang kerjanya lantai II Banjarmasin Post, Rabu (12/2).

Di acara itu, juga diundang beberapa pejabat teras, Ketua DRPD Kalsel, Sekda Provinsi Kalsel, Danrem 101/Antasari, Kapolda Kalsel, Wali Kota Banjarmasin dan lain-lain.

"Ada 27 pejabat dan tamu undangan yang akan diundang di acara upacara dan nafas tilas nanti," kata ketua panitia, Rizki Eri Munadi.

Rapat panitia dihadiri Sekretaris IKA ULM, HM Ary Achdyani dan Zoehdar Noor, Sekretariat IKA Noor Asyikin dan Toto Iskandar.

Nahdlatul Ulama Kabupaten Banjar Miliki Kepengurusan Baru, Ini Komposisinya

VIDEO Aksi Solidaritas Mahasiswa STIA Amuntai Tolak Perayaan Valentine 2020 di Kabupaten HSU

100 Orang Ikut Seminar Keselamatan Kerja di Tambang di Tanjung Tabalong

VIDEO Eksotisme Dusun Nanai di Kabupaten Balangan, Terpencil Tapi Bukit dan Sungainya Mempesona

Warga Binaan Berteriak-teriak dan Bakar Kantor, Rusuh di Rutan Kabanjahe Akbat Provokasi 4 Orang Ini

Video Aksi Teddy, Suami Lina Memijat Beredar, Ayah Tiri dari Anak Sule, Rizky Febian Ungkap Bayaran

Kegiatan tapak tilas nanti akan diawali upacara di halaman Bank Mandiri yang merupakan eks kampus Universitas Lambung Mangkurat .

Dijelaskan Rizki, selanjutnya diadakam napak tilas menelusuri jejak perjuangan almarhum Hasanuddin HM dan kawan-kawan serta Eksponen 66.

Jalur yang dilalui, Pasar Lama, Piere Tendean, Ajendrem 101 Antasari.

"Di Ajenremi berhenti sejenak dengan melaksanakan mengheningkan cipta sekitar 10 menit," katanya.

Lalu, perjalanan diteruskan menelusuri Jembatan Dewi,  Ujung Murung sampai Toko Minseng.

"Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, akan diadakan tabur bunga, karena di tempat tersebut terjadi penembakan hingga gugurnya Hasanuddin HM pukul 12.00 Wita," ceritanya.

Setelah itu, kembali ke Bank Mandiri dan diteruskan ziarah ke Makam Pangeran Antasari, Hasanuddin HM dan lain-lain di Jalan Melkon Temon, Banjarmasin.

(Banjarmasinpost.co.id/Syaiful Anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved