Breaking News:

Kriminalitas Regional

Warga Binaan Berteriak-teriak dan Bakar Kantor, Rusuh di Rutan Kabanjahe Akbat Provokasi 4 Orang Ini

Warga Binaan Berteriak-teriak Lalu Bakar Kantor, Rusuh di Rutan Kabanjahe Akbat Provokasi 4 Orang Ini.

Editor: Didik Triomarsidi
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Personel pemadam kebakaran Kabupaten Karo, melakukan penyemprotan lokasi Rutan Kelas II B Kabanjahe yang terbakar, Rabu (12/2/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Warga Binaan Berteriak-teriak Lalu Bakar Kantor, Rusuh di Rutan Kabanjahe Akbat Provokasi 4 Orang Ini.

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM mengungkap kronologi kerusuhan yang terjadi di Rumah Tahanan Kelas IIB Kabanjahe, Sumatera Utara, Rabu (12/2/2020).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Rika Aprianti mengatakan, kerusuhan itu terjadi pada pukul 12.00 WIB, bermula saat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari dalam blok kamar hunian berteriak-teriak.

"Lalu petugas Rutan Kabanjahe mencoba menenangkan WBP. Namun WBP malah menyerang pertugas rutan. Rusuh pun tak terelakan," kata Rika seperti dikutip dari siaran pers.

BERLANGSUNG Live MNCTV! Live Streaming Persik vs Madura United Piala Gubernur Jatim, Youtube MNC TV

VIDEO Curhat Warga Desa Maju Bersama Batulicin yang Dambakan Jalan Beraspal

Lima Orang Terdiri dari Penjual dan Pengonsumsi Sabu Dibekuk Polisi di Timpah Kapuas

Rika menuturkan, kerusuhan ini dipicu oleh provokasi dari empat WBP yang ditetapkan sebagai tersangka setelah kedapatan memiliki sabu di dalam tahanan saat penggeledahan.

Empat WBP tersebut sempat ditahan di Polres Tanah Karo dan baru dikembalikan ke Rutan Kabanjahe pada Selasa (11/2/2020) kemarin.

Sekembalinya di Rutan Kabanjahe, keempat WBP itu memprovokasi WBP lainnya.

"Empat orang WBP tersebut justru melakukan provokasi terhadap WBP lainnya. Supaya menentang penggeledahan yang dilakukan petugas rutan bersama Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe," kata Rika.

Akibatnya, WBP yang terprovokasi kemudian memberontak dengan menyerang petugas serta membakar gedung perkantoran.

Kerusuhan mereda setelah petugas gabungan dari Polres Tanah Karo, anggota TNI Batalyon 125 Simbisa, dan petugas pemadam kebakaran mendatangi lokasi.

Rika mengatakan, para WBP kemudian dievakuasi ke Polres Tanah Karo.

"Selain kebakaran sudah berhasil dipadamkan dan WBP sudah dievakuasi ke Polres Tanah Karo. Kejadian kerusuhan di Rutan Kabanjahe tidak ada korban jiwa dan luka," kata Rika.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kronologi Kerusuhan di Rutan Kabanjahe, Bermula dari Provokasi Warga Binaan",

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved