Berita Tanahbumbu

DBD di Tanahbumbu Mewabah, PMI Tanbu Siap Penuhi Kebutuhan Trombosit

Tingginya angka kasus demam berdarah dangue (DBD) yang tercatat di RSUD H Andi Abdurrahman Noor Tanahbumbu

DBD di Tanahbumbu Mewabah, PMI Tanbu Siap Penuhi Kebutuhan Trombosit
istimewa
Sekda Tanahbumbu H Rooswandi Salem 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Tingginya angka kasus demam berdarah dangue (DBD) yang tercatat di RSUD H Andi Abdurrahman Noor Tanahbumbu, bahkan sampai mengakibatkan seorang meninggal dunia tidak ditepis Sekretaris Daerah Tanahbumbu H Rooswandi Salem.

Namun berdasarkan hasil evaluasi, tingginya kasus DBD di Tanahbumbu karena hasil rujukan dari Kabupaten sebelah (Kotabaru).

"Kalau untuk di Tanahbumbu masyarakat terkena DBD, sudah selesai ditangani. Alhamdulillah tidak sampai ke hal tidak diinginkan. Rata-rata sudah pulang dan indikasi DBD sudah bisa ditangani," kata Rooswandi.

Menyinggung soal penyiapan darah, lanjut Rooswandi yang juga Ketua Palang Merag Indonesia (PMI) Tanahbumbu, ia sejak awal sudah koordinasikan dengan pihak RSUD.

Selain, PMI punya konsep tentang penyiapan trombosit yang dibutuhkan setiap saat. Melalui penyiapan database mulai daru seluruh aparatur sipil negara (ASN), Polri, dan TNI sesuai data golongan darah yang siap setiap saat ketika diperlukan.

Dua ABK Kapal China Pakai Masker dan Steril Tangan, dr Joko : Gejalanya Mirip Virus Corona

BREAKING NEWS : Kecelakan Maut di Jalan A Yani Km 21 Banjarbaru, Satu Korban Tewas

Dipecat? Nasib Dewi Perssik, Iis Dahlia & Soimah di LIDA 2020 Terungkap Pasca Heboh Menghilang

Perselingkuhan Ashanty dari Anang Diakui Ibu Aurel Hermansyah, Pria Ini Kalahkan Eks Krisdayanti

"Kami (PMI) tetap berkoordinasi dengan rumah sakit, jika ada yang diperlukan mendadak. Maka mereka yang menghubungi PMI dan langsung bergerak," terang Rooswandi.

Sebab darah trombosit adalah darah yang langsung, tidak bisa darah yang disimpan.

"Jadi berbeda perlakuan dengan darah-darah yang lain. Kalau darah bukan kebutuhan trombosit, kami selalu siap dengan standar kantor sesuai fasilitas yang dimiliki. Kurang lebih 200 kantong," tandas Ketua PMI Kabupaten Tanahbumbu ini. (banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved