Berita Kalteng

Penampakan Buaya Raksasa di Sungai Pakit, Ditangkap Warga Kemudian Diserahkan ke BKSDA

Warga Desa Arga Mulia, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (13/2/2020) digegerkan dengan munculnya seekor Buaya

Penampakan Buaya Raksasa di Sungai Pakit, Ditangkap Warga Kemudian Diserahkan ke BKSDA
Istimewa/BKSDA SKW II Pangkalanbun
Warga saat menangkap buaya di Sungai Pakit, Kotawaringin Barat, kemudian Petugas BKSDA melakukan evakuasi bersama warga. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PANGKALANBUN - Warga Desa  Arga Mulia, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat,  Kalimantan Tengah, Kamis (13/2/2020) digegerkan dengan munculnya seekor Buaya berukuran 4,7 meter di Sungai Pakit di desa tersebut.

Buaya yang meresahkan warga Arga Mulia Pangkalan Lada tersebut diketahui jenis Buaya Sampit, yang selama ini banyak menghuni Pulau Lepeh dan Pulau Hanaut, di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Kepala  BKSDA SKW II Pangkalanbun, Kobar, Kalteng, Dendi Setiadi, kepada, Kamis malam, mengungkapkan, pihaknya bergerak ke TKP setelah adanya laporan kepala desa setempat yang mengaku warganya resah dengan kemunculan buaya tersebut di Sungai Pakit.

Menurut Dendi, pihaknya , Kamis, 13 Februari 2020,  langsung menurunkan Tim WRU SKW II ke lokasi untuk melakukan evakuasi seekor Satwa dilindungi Undang-undang jenis Buaya Sampit, di Desa Arga mulia, Kecamatan Pangkalan Lada, Kotawaringin Barat tersebut.

Dua ABK Diduga Terinfeksi Virus Corona Akan Dirujuk, Kadinkes Kalsel : Masih Koordinasi

Korban Diduga Keracunan Makanan Terpaksa Berbaring di Lantai Puskesmas Aluhaluh Kalimantan Selatan

Dipecat? Nasib Dewi Perssik, Iis Dahlia & Soimah di LIDA 2020 Terungkap Pasca Heboh Menghilang

Perselingkuhan Ashanty dari Anang Diakui Ibu Aurel Hermansyah, Pria Ini Kalahkan Eks Krisdayanti

Dia mengungkapkan, laporan diterima, pukul 12.00 Wib, dari Kepala Desa Arga Mulya bernama , Reno Krismanto  yang menerangkan , warganya menemukan seekor buaya Sapit di Sungai Pakit yang jaraknya sekitar satu kilometer dari desa tersebut.

"Saat dilaporkan buaya tersebut sudah ditangkap oleh warga dan dibawa ke kantor desa," ujarnya.

Menurut Dendi, pihaknya kemudian, berkoordinasi dengan Kepala Desa dan Kapolsek Pangkalan Lada untuk melakukan evakuasi buaya tersebut ke Pangkalan Bun.

Warga saat menangkap buaya di Sungai Pakit, Kotawaringin Barat, kemudian Petugas BKSDA melakukan evakuasi bersama warga.
Warga saat menangkap buaya di Sungai Pakit, Kotawaringin Barat, kemudian Petugas BKSDA melakukan evakuasi bersama warga. (Istimewa/BKSDA SKW II Pangkalanbun)

Dua ABK Kapal China Pakai Masker dan Steril Tangan, dr Joko : Gejalanya Mirip Virus Corona

Syarat Putri Delina untuk Pengganti Lina Jubaedah di Sisi Sule, Adik Rizky Febian Kaget Saat ini

"Kemudian buaya tersebut diangkut menuju kantor SKW II dengan menggunakan truk milik warga," ujarnya lagi.

Lebih jauh dia mengungkapkan, saat  tiba di kantor seksi dan melakukan pemindahan dan pemeriksaan kondisi fisik,  buaya adalah Jenis Buaya Sapit (Tomistoma schlegelii), Panjang : 4,7 meter serta serta : ± 500 kilogram, dan tidak ditemukan luka pada tubuh buaya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved