Berita Tanahbumbu

VIDEO Korban Serangan DBD, RSUD Tanahbumbu Catat 176 Kasus Demam Berdarah

Pasien DBD terus berjatuhan. Tercatat di RSUD H Andi Abdurrahman Noor, memasuki minggu kedua Februari jumlah pasien telah ditangani sebanyak 176 orang

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pasien demam berdarah dangue (DBD) terus berjatuhan. Tercatat di RSUD H Andi Abdurrahman Noor, memasuki minggu kedua Februari jumlah pasien telah ditangani sebanyak 176 orang, satu orang di antaranya meninggal.

Data tersebut berdasarkan rekam medis RSUD, untuk bulan Januari tercatat sebanyak 103 orang. Sedangkan di bulan Februari sebanyak 73 orang.

"Sampai hari ini, siang tadi masih ada pasien masuk di intslasi gawat darurat (IGD) karena DBD," jelas Kepala Bagian Tata Usaha RSUD H Andi Abdurrahman Noor Tanahbumbu, Muhammad Saleh ditemui banjarmasinpost.co.id, Kamis (13/2/2020).

Ditegaskah Saleg, 176 kasus DBD ditangani pihaknya, dinyatakan positif sebelum di rujuk ke RSUD H Abdi Abdurrahman Noor.

Dua ABK Kapal China Pakai Masker dan Steril Tangan, dr Joko : Gejalanya Mirip Virus Corona

BREAKING NEWS : Kecelakan Maut di Jalan A Yani Km 21 Banjarbaru, Satu Korban Tewas

Syarat Putri Delina untuk Pengganti Lina Jubaedah di Sisi Sule, Adik Rizky Febian Kaget Saat ini

Dipecat? Nasib Dewi Perssik, Iis Dahlia & Soimah di LIDA 2020 Terungkap Pasca Heboh Menghilang

"Kejadian (kasus) di bulan Januari, ada satu orang meninggal. Atas nama Maharani Agustin, warga Desa Mekarsari, Kecamatan Simpang Empat," terang Saleh.

Pasien DBD tahun ini tidak hanya signifikan. Selain anak-anak, tetapi juga tidak sedikit pasien dari kalangan dewasa dan orang tua.

Adapun tindakan-tindakan medis penanganan para pasien DBD, selain telah dilakukan secara optimal. Pihak RSUD juga terus berkoordinasi dengan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI).

Koordinasi dilakukan, terkait ketika ada pasien membutuhkan trombosit. "Komunikasi terus kami tingkatkan selama masih ada ditemukan kasus. Sebab trombosit tidal bisa distok dalam waktu lama. Berbeda dengan darah lain," ungkap Saleh.

Terlepas soal itu, menekan angka pasien DBD terus bertambah. Selain diperlukan kerja sama lintas sektoral khususnya di instansi lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabahbumbu.

Namun diharapkannya pula pranaktif masyarakat dalam hal penggalakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan menjaga lingkungan selalu agar bersih.

Terpisah, Susiwiningsih salah-satu orangtua pasien DBD ditemui di ruang IGD RSUD H Andi Abdurrahman Noor, tidak menepis putrinya yang masig terbaring lemas di tempat tidur positif DBD.

WNI Diduga Terpapar Virus Corona, Dua ABK Kapal China Ini Ditempatkan di Ruang Isolasi RSUD Kotabaru

Syahrini Sindir Luna Maya Lewat Video Tik Tok? Lagu Restu Disorot Saat Istri Reino Barack Beraksi

Menurut Susiwiningsi, warga Desa Karang Bintang, Kecamatan Karang Bintang ini, sebelum dirujuk ke RSUD, putrinya sempat dirawat di puskesmas.

"Positif DBD, makanya dari puskesmas dirujuk ke RSUD," jelas Susiwiningsih kepada banjarmasinpost.co.id.

Sebelumnya tidak mengira jika putrinya terkena DBD, karena hanya berawal dari panas. "Kalau panasnya mulai Senin lalu. Positif DBD baru hari ini tahunya," tandasnya. (banjarmasinpost.co.id /helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved