Berita Banjar

Gelar Khataman Alquran, Begini 'Tradisi' Pamungkas Siswa SMAN 1 Martapura Awali Pelajaran

Gelar Khataman Alquran, Begini 'Tradisi' Pamungkas Siswa SMAN 1 Martapura Awali Pelajaran

Gelar Khataman Alquran, Begini 'Tradisi' Pamungkas Siswa SMAN 1 Martapura Awali Pelajaran
istimewa/humas SMAN 1 Martapura
Suasana khataman Alquran di SMAN 1 Martapura, JUmat (14/2/2020) pagi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemandangan berbeda selalu terlihat tiap pagi di SMAN 1 Martapura, seperti pada Jumat (14/2/2020).

Suasana khusyuk begitu terasa di kelas XII 8 (XII Sos 3). Para siswa secara bergantian membaca surat-surat Alquran yang terdapat pada juz 30.

Berbagai macam kue dan makanan disediakan serta dekorasi ruangan dengan nuansa keagamaan, sebagai pertanda digelarnya Khataman Alquran yang berlangsung di kelas tersebut.

Semuanya antusias mengikuti kegiatan religius itu. Kegiatan itu dihadiri guru-guru dan siswa yang terdiri perwakilan kelas.

Baru Pertama Dirilis, Inilah Penampakan Foto Virus Corona Wuhan Covid19, Bikin Mata Dunia Terbelalak

VIRAL di Medsos, Mobil Terjun ke Tengah Sawah, Anehnya Tanaman Padi Tak Rusak, Netizen Sebut Mistis

Tabrak Minibus, Pengendara Motor Ini Tewas Dekat Overpass Datu Muning Ruas Marabahan-Margasari

Terlalu sadis, Keluarga Minta Foto &Video; Pelajar Tewas Kecelakaan di Banjarbaru Dihapus di Medsos

Salah satu siswa kelas XII 8 (XII Sos 3) SMAN 1 Martapura, Muhammad Reza mengatakan, gelaran khataman ini selain salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Selain itu juga berharap mampu mempererat silaturahmi antar kelas dengan suasana penuh religius.

"Mudah-mudahan kegiatan ini membawa berkah buat kita semua dan sekolah serta membawa kedamaian hati sebelum melaksanakan ujian sekolah nanti," katanya.

Guru Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Martapura, Kasmani, menerangkan kegiatan khataman Alquran tersebut merupakan puncak dari kegiatan rutin harian yang dilaksanakan tiap pagi di sekolah sebelum pelajaran dimulai. Dilaksanakan di semua kelas, sehingga setelah setahun mereka bisa melaksanakan khataman.

"Alhamdulillah, hari ini siswa di kelas XII 8 (XII Sos 3) yang melaksanakan khataman. Berikutnya kelas lain yang akan menggelar khataman secara bergiliran," katanya.

Kasmani berharap program sekolah yang memuat nilai keagamaan ini agar bisa terus dilaksanakan mengingat program tersebut banyak mengandung nilai positif terhadap perkembangan jiwa dan rohani mereka.

"Hal ini juga membiasakan mereka membaca Alquran secara rutin setidaknya dimulai dari sekolah," katanya.

Kepala SMAN 1 Martapura Eko Sanyoto mengatakan dirinya sangat mendukung pelaksanaan khataman Alqur'an yang ada di sekolah. "Ini program yang memang harus rutin kita lakukan tiap tahunnya," tandasnya.

Kesepakatan Aurel Hermansyah & Atta Halilintar Soal Hari Pernikahan, Kata Anak Ashanty & Krisdayanti

Rencana Pernikahan Didi Riyadi Dengan Ayu Ting Ting Terungkap, Ini Kisah Cinta Teman Ruben Onsu

Mulan Jameela Coba Saingi Maia Estianty? Video TikTok Istri Ahmad Dhani Malah Banjir Cibiran

Kegiatan khataman membuktikan mereka mampu melaksanakan program yang ada di sekolah. Perlu diketahui mereka siswa kelas X hingga kelas XII harus khatam Alqur'an 30 juz. Pengaturannya, tiap tingkatan kelas bisa menyelesaikan 10 juz.

“Tentu, khataman ini bukan akhir kita membaca Alqur'an etapi terus dilakukan baik di rumah atau dimanapun, sehingga bisa diamalkan dan dijadikan pedoman dalam berkehidupan selepas sekolah,”  sebutnya.(banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved