Berita Kalteng

Rencana Diresmikan Presiden Jokowi, JembatanTumbang Samba Hubungkan Kalteng - Kaltim-Kalbar

JembatanTumbang Samba yang menghubungkan Kalteng- Kaltim-Kalbar rencananya akan diresmikan presiden Jokowi

Rencana Diresmikan Presiden Jokowi, JembatanTumbang Samba Hubungkan Kalteng - Kaltim-Kalbar
Istimewa/Humas Pemprov Kalteng
Jembatan Tumbang Samba, di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah ini selesai Bulan Fabruari 2020 ini, rencananya akan diresmikan Bulan Maret 2020 oleh Presiden RI, Joko Widodo. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten dan Pusat terus berupaya membuka keterisolasian daerah dengan membangun infrastruktur penghubung lintas provinsi di regional Kalimantan agar lebih memudahkan sarana transportasi di pelosok.

Jembatan di Kabupaten Katingan ini dibangun untuk membuka akses untuk warga pelosok dan hingga , Jumat (14/2/2020) Jembatan Tumbang Samba terus dikerjakan karena target diresmikan tahun 2020.

Jembatan di Katingan ini merupakan jalan penghubung trans kalimantan poros tengah, menghubungkan Kalteng- Kalbar hingga juga tembus ke Kaltim.

Jembatan Tumbang Samba, dibangun, sejak tahun 2016 selesai tahun 2020 ini dengan penjang 843 meter dan biaya sekitar Rp 298 miliar dengan target selesai Februari 2020 ini.

Mulan Jameela Coba Saingi Maia Estianty? Video TikTok Istri Ahmad Dhani Malah Banjir Cibiran

Perselingkuhan Ashanty dari Anang Diakui Ibu Aurel Hermansyah, Pria Ini Kalahkan Eks Krisdayanti

Mabuk Cinta, Janda 40 Tahun & Berondong 17 Tahun Tak Keluar-keluar dari Kamar Hotel, Ada Chat Rayuan

Rumah Terbakar di Kelurahan Mentaos Banjarbaru Tidak Ada Penghuninya, Diduga karena ini

Gerebek Rumah di Kelurahan Antasari, Petugas Satresnarkoba Polres HSU Temukan Sabu dan Ineks

Rencana jembatan ini diresmikan bulan Maret 2020 mendatang dan masih diusulkan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, mengatakan, jembatan Tumbang Samba, Katingan merupakan jembatan kebanggaan Kabupaten Katingan, yang selama ini masih minim akses jalan dan jembatan sehingga terus diupayakan dibangun oleh Pemkab Katingan, Pemprov Kalteng dan Pemerintah Pusat, hingga tahun ini tuntas pembangunannya.

"Jembatan tersebut, menghubungkan jalan trans kalimantan poros tengah yang nantinya akan menghubungkan langsung jalan darat antara Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Model Jembatan Tumbang Samba sama seperti di Amerika, dan hanya ada dua di Indonesia yakni di Jayapura, Papua dan Kalteng," ujarnya.

Warga Katingan, sangat bangga ada jembatan yang megah di Tumbang Samba tersebut, meski di atas Sungai Katingan juga ada jembatan rangka baja, penghubung Palangkaraya ke Kasongan Kabupaten Katingan.

"Warga sini senang, karena jembatan yang baru di Tumbang Samba warnanya merah. Bagus untuk objek foto siang maupun malam hari, karena terlihat cantik," ujar Yanto warga Katingan.

Jalan Trans Kalimantan Poros Tengah Dimantapkan

PEMBANGUNAN Jembatan Tumbang Samba di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah yang hingga, Jumat (14/2/2020) masih terus dikerjakan oleh Kementrian PUPR , juga dibarengi dengan pembangunan jalan darat penghubung jembatan tersebut.

Pejabat Pembuat Komitmen Kementrian PUPR, Ferry, mengungkapkan, pembangunan jembatan Tumbang Samba yang menghabiskan dana APBN sejak tahun 2016 selesai tahun 2020 sepanjang, 843 meter dengan biaya sekitar Rp298 miliar, juga dibarengi dengan pembangunan jalan penghubungnya.

Tamparan Keras Sule ke Teddy Saat Ungkit Harta Kekayaan Lina Jubaedah, Ayah Rizky Febian Ucap Ini

Foto Irish Bella Pakai Kursi Roda Disorot, Istri Ammar Zoni Sebut Ini saat Umroh

Tantangan Sule ke Teddy untuk Bertemu, Pasca Sebut Ayah Rizky Febian Tak Beri Harta ke Lina

"Pembangunan Jembatan dilakukan selama tiga tahun dengan biaya APBN. Dengan adanya jembatan itu tentu jalan penghubungnya juga akan dilanjutkan, karena, tahun 2024 akan kembali dialokasikan dana perbaikan jalan hingga tembus ke wilayah Kaltim dan Kalbar ke Kalteng,” katanya.

Bupati Katingan, Sakariyas mengatakan, sangat bersyukur dengan pembangunan jembatan dan perbaikan jalan di Tumbang Samba tersebut, sehingga memudahkan warga Katingan yang ada di pelosok untuk bepergian ke Kasongan Ibu Kota Kabupaten Katingan dan Kabupaten dan Kota di Kalteng. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved