Berita Banjarmasin

VIDEO Kegembiraan Para Pemulung di Banjarmasin Ketika Rombongan Gerakan Jumat Berkah Tiba

VIDEO Kegembiraan Para Pemulung di Banjarmasin Ketika Rombongan Gerakan Jumat Berkah Tiba

BANJARMASINPOST.CO.ID.BANJARMASIN -VIDEO Kegembiraan Para Pemulung di Banjarmasin Ketika Rombongan Gerakan Jumat Berkah Tiba.

Adapun untuk yang kesekian kalinya, Komunitas Gerakan Jumat Berkah (GJB) Banjarmasin membagikan 250 nasi kotak ke warga, Jumat (14/2/2020) pagi.

Kali ini sasaran komunitas yang semuanya perempuan berhijab ini adalah pemulung yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Basirih, Jalan Tol Lingkar Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Kedatangan rombongan ke TPA, langsung didatanggi ratusan pemulung. Dengan tertib dan antre, satu-persatu pemulung yang semuanya wanita mendapatkan nasi kotak dari komunitas Gerakan Jumat Berkat.

Baru Selesai Dibangun, Oprit Jembatan di Desa Hatungun Tapin Bikin Cemas Warga

Rencana Pernikahan Didi Riyadi Dengan Ayu Ting Ting Terungkap, Ini Kisah Cinta Teman Ruben Onsu

Baru Pertama Dirilis, Inilah Penampakan Foto Virus Corona Wuhan Covid19, Bikin Mata Dunia Terbelalak

Tamparan Keras Sule ke Teddy Saat Ungkit Harta Kekayaan Lina Jubaedah, Ayah Rizky Febian Ucap Ini

Bahkan para sopir truk sampah yang datang silih berganti, dan pengawas TPA mendapatkan bagian nasi kotak yang sama.

Ketua Komunitas Gerakan Jumat Berkah Banjarmasin, Hj Nanik Hayati yang ditemui di lapangan mengatakan, nasi kotak yang dibagikan berjumlah 250 kotak.

Pembagian nasi kotak di tempat ini dilakukan setiap bulan sekali, dan ini memang jatah mereka bagi para pemulung.

Selain itu untuk pembagian nasi kotak setiap Jumat pagi, dibagikan ke masyarakat golongan pekerja berat atau buruh di tempat lain, seperti di pasar, pelabuhan, terminal serta di panti asuhan serta pasien rumah sakit kelas 3.

Ditambahkannya bahwa untuk pembagian nasi kotak dilaksanakan setiap Jumat pagi. Sasarannya para buruh atau masyarakat yang setiap hari bekerja dengan tenaga buruh, seperti di pasar dan pelabuhan.

Rusna, salah satu pemulung yang ditemui mengaku sangat senang sekali ada orang yang membagikan nasi kotak di TPA. "Kalau bisa nasi bungkus dibagikan setiap minggu,"harapnya.

Seperti diketahui, Komunitas Gerakan Jumat Berkah saat ini sudah berusia satu tahun, dengan 30 orang pengurus dan anggotanya.

Rustam, pengawas TPA Basirih yang ditemui mengatakan, untuk jumlah pemulung ada 200 orang. Kemudian setiap hari sampah yang datang 1X24 jam berjumlah 350 ton. Apabila musim buah, maka jumlah sampah meningkat.

Pemulung yang melakukan aktifitas siang hari semuanya wanita. Kalau malam hari dilakukan oleh pemulung laki-laki.

(Banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved