Serambi Mekkah

Apresiasi Kegiatan Khataman Alquran, Begini Tekad LPTQ Kabupaten Banjar

Detak napas religius makin menguat di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel). Di antaranya wilayah Desa Simpangtiga, Kecamatan Mataraman.

Apresiasi Kegiatan Khataman Alquran, Begini Tekad LPTQ Kabupaten Banjar
Kominfo Kabupaten Banjar
Suasana khataman massal di Desa Simpangtiga, Mataraman. Peserta sangat antusias. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Detak napas religius makin menguat di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel). Di antaranya wilayah Desa Simpangtiga, Kecamatan Mataraman.

Anak-anak di desa setempat gemar mengaji. Bahkan masing-masing dalam kesehariannya intens membaca kitab suci Alqur'an agar cepat khatam (tamat) dan bisa kembali membacanya.

"Alhamdulillah anak-anak di kampung kami gemar membaca Alqur'an. Beberapa hari lalu baru dilakukan khataman massal," ucap Ahmad, warga Simpangtiga, Sabtu (15/2/2020).

Ia mengaku senang karena nilai religius makin tertanam di kalangan generasi penerus. Apalagi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Banjar juga sangat mendukung.

"Pada khataman massal kemarin hadir Pak H Saidi Mansyur, beliau ketua LPTQ Banjar yang juga wabup Banjar. Kehadiran beliau menjadi penyemangat tersendiri bagi kami," ucapnya.

Khataman Alquran massal tersebut diselenggarakan oleh Badan Komunikasi Ustadz dan Ustadzah (KBU). Pelaksanaannya pada Rabu (12/2-2020) kemarin.

Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan semangat anak-anak di Simpangtiga tersebut sangat luar biasa. Semuanya antusias mengikuti khataman di TPA Manbaul Qur'an Sungaibaru Desa Simpangtiga.

Prosesi khataman massal berupa pembacaan beberapa surat terakhir Alqur'an secara bersama-sama yang dituntun oleh ustadz dan ustadzah yang tergabung dalam KBU.

Saidi menuturkan antusias peserta khataman massal ini tak terlepas dari motivasi para orangtua. Ia menilai kuatnya semangat itu wujud semangat dan cerminan umat muslim di Kabupaten Banjar lekat dengan sentuhan nilai religi.

Ia berharap kegiatan khataman Alqur'an bisa menjadikan generasi muda yang Qurvani dan Islami. Dirinya akan terus memberikan dukungan kepada para ustadz dan ustadzah serta para guru mengaji.

Sebagai Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Banjar, ia bertekad mencetak qolari dan qariah yang berkualitas dan terbaik sehingga bisa mengharumkan nama Kabupaten Banjar. (AOL/*)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved