Berita Regional

Clean Up Paparan Radiasi Nuklir di Perumahan Batan Indah, Sumber Radiasi Ditemukan Bercampur Tanah

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) saat ini tengah bekerja melakukan clean up (pembersihan) kawasan yang terpapar radiasi nuklir Kompleks Perumahan

Clean Up Paparan Radiasi Nuklir di Perumahan Batan Indah, Sumber Radiasi Ditemukan Bercampur Tanah
Kompas.com
Tim satuan Teknisi Kimia, Biologi, Radioaktif (KBR) pasukan Gegana Brimob Polri melakukan pengecekan lokasi yang terkontaminasi paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (15/1/2020). Badan Pengawas Tenaga Nuklir meminta warga menjauhi area tanah kosong di Perumahan Batan Indah, samping lapangan voli blok J, seusai menemukan kenaikan nilai paparan radiasi nuklir di area tersebut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANGERANG -  Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) saat ini tengah bekerja melakukan clean up (pembersihan) kawasan yang terpapar radiasi nuklir Kompleks Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang, Banten.

Paparan radiasi di wilayah tersebut dinyatakan berada di atas ambang batas, setelah diketahui oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN).

 Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama BATAN, Heru Umbara mengatakan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan BAPETEN pasca temuan tersebut.

"Saat ini BATAN sedang melakukan clean up di sekitar area terpapar," ujar Heru di lokasi terpaparnya radiasi, Sabtu (15/2/2020).

Pria yang Bikin Zaskia Gotik Singkirkan Kriss Hatta Disinggung, Mantan Vicky Prasetyo Ungkap Fakta

Biaya Oplas Lucinta Luna Diungkap ke Hotman Paris, Pacar Abash Habiskan Segini, Juga Ganti Kelamin?

Ngaku Tak Mau Dipoligami, Istri Kedua  Abah Cijeungsing Ungkap Ridho Jadi Istri Kedua Karena Ini

Pernah Ditertawakan Penonton, Kini Putriani Ajahra Sukses Sandang Duta Muslimah 2019 se Kalteng

BAPETEN memang meminta BATAN untuk membantu proses pembersihan dan analisis material yang diduga menjadi penyebab tingginya paparan radiasi di wilayah itu.

Proses ini dilakukan melalui berbagai fasilitas laboratorium dan pengolahan limbah radioaktif.

Heru menambahkan pihaknya telah berupaya untuk melakukan proses clean up dengan mengambil sumber pemapar yang memancarkan radiasi di atas ambang itu.

Selain itu, juga mengambil seluruh vegetasi dan tanah untuk kemudian dilakukan pengujian di fasilitas yang dimiliki BATAN.

"Dari hasil clean up itu, bahan penyebab paparan radiasi telah ditemukan bercampur dengan tanah. Temuan itu saat ini sedang dianalisis di laboratorium BATAN," jelas Heru.

 Melalui proses awal ini, BATAN memperoleh vegetasi dan tanah yang dimasukkan ke dalam 52 drum berkapasitas 100 liter.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved