Sport

Kejuaraan Prabowo Cup di Jakarta, Kalsel Prioritaskan Kirim Pesilat yang Lolos PON XX Papua

Tiga pesilat yang berhasil merebut tiket lolos ke PON XX Papua Oktober nanti akan lebih diprioritaskan untuk ikut tampil Diajang silat prabowo cup

Kejuaraan Prabowo Cup di Jakarta, Kalsel Prioritaskan Kirim Pesilat yang Lolos PON XX Papua
istimewa/Tomi
Pesilat Kalsel Hafizi mengangkat tangan usai dinyatakan menang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tiga pesilat yang berhasil merebut tiket lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Oktober nanti akan lebih diprioritaskan untuk ikut tampil Diajang Kejuaraan Silat Prabowo Cup. Kejuaraan tersebut akan digelar pada Maret nanti di Jakarta.

Pelatih Silat Kalimantan Selatan Tomi Firdaus mengatakan selain mempertimbangkan soal dana juga tiga pesilat Kalsel tersebut adalah M Azhar Aridha, Khairian Iqbal da Hafizi dianggap sebagai pengalaman bertanding sebelum ke Papua.

"Pengiriman atlet untuk kejuaraan kan tergantung dana Jadi kemungkinan besar kita prioritaskan yang lolos ke PON saja," ujar dia, Selasa (18/2/2020) siang.

Tapi tambah Tomi kontingen Kalsel pun masih berpikir apakah akan mengirimkan atket ke ajang yang bakal diikuti seluruh pesilat se Tanah Air itu.

Hasil Akhir Persebaya vs Arema FC di Piala Gubernur Jatim, Skor Akhir 4-2, Lawan Persija di Final

LIVE SCTV! Link Live Streaming Atletico Madrid vs Liverpool, Siaran Langsung TV Online Liga Champion

Ambrizal Umainalo, Keponakan Rizki Pora, Langsung Nyetel Meski Baru Bergabung di Barito Putera

"Kita masih melihat cocok ngak nya buat atlet kita," terang pria yang bekerja di Dispora Tanah Laut ini.

Tomi menerangkan jika event itu bersifat terbuka maka Kalsel akan berpikir ulang untuk ikut Sahal ini untuk menghemat tenaga para pesilat yang bertanding.

"Kalau even itu sifatnya terbuka kasian juga atetnya harus bertanding sampai 8 kali karena banyak nya peserta," lanjut dia.

Pertimbangan lain adalah soal pesertanya dan kualitas peserta yang ikut sebab jauh sebelumnya pihaknya juga berencana mengajukan ikut event ini.

"Cuma tidak tahu perkembangan nya saat ini karenakan masalah dana juga, jadi kita lihat juga eventnya cocok atau tidak," ujar dia.

Saat ini kata Tomi para pesilat yang lolos PON belum terdesentralisasi dalam latihan. Ada yang di Pelaihari dan ada juga yang di Banjarmasin.

"Tapi pesilat masih tetap rutin latihan sama seperti sebelumnya," ujar Tomi.

Tempat latihan para pesilat yang lolos PON pun ditingkatkan materinya. Jika dulu materinya biasa-biasa saja kini ditingkatkan menjadi sedang dan tinggi.

"PON tinggal beberapa bulan lagi jadi latihan materi akan semakin meningkat dan meningkat," lanjut dia.

Barito Putera vs Persetala: Kijang Hamuk akan Turunkan Tiga Pemain ini

Sementara Kadispora Kalsel Hermansyah saat Musyawarah Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalsel 2020 di Mahligai Pancasila mengatakan Kalsel sendiri menargetkan satu mendali emas, satu perak dan satu perunggu bisa di penuhi oleh kawan-kawan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

"Bahkan kalau bisa meningkat lagi kita bersyukur dan bangga. Tentu target yang kita inginkan seperti itu, artinya nama baik Kalsel bisa kita wujudkan di PON mendatang," pungkasnya. (banjarmasinpost.co.id/Khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved