Breaking News:

Berita Tabalong

VIDEO Antar Jemput Siswa Gunakan Angkutan Umum Gratis di Tabalong

Kabupaten Tabalong memiliki angkutan umum dalam kota yang bisa dimanfaatkan warga dengan tarif gratis.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Kabupaten Tabalong memiliki angkutan umum dalam kota yang bisa dimanfaatkan warga dengan tarif gratis. Angkutan umum yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Tabalong ini juga menjemput dan mengantar siswa sekolah.

Fahrial salah satu supir mengatakan dalam satu unit angkutan umum terdapat dua supir yang bertugas membawa angkutan pada pagi dari pukul 06.00 hingaa 12.00 Wita dan untuk sesi siang melanjutkan dari pukul 12.00 hingga 18.00 Wita. Bergantian dengan supir lain untuk sesi pagi dan siang.

Jika untuk sesi pagi supir bertugas menjemput siswa sesuai dengan trayek masing masing, Fahrial trayek Tanjung – wayau sehingga menjemput siswa dari Desa Wayau dan sekitarnya yang bersekolah di SMPN 1 Tanjung, SMPN 2 Tanjung dan Madrasah Tsanawiyah Tanjung.

Penjemputan biasanya dilakukan sejak pukul 06.30 Wita, menjemput ke rumah masing masing siswa. Kapasitas angkutan yang dibawanya adalah sekitar 12 anak namun bisa juga diisi 15 anak mereka rela berdesakan agar cepat sampai sekolah.

Kelakuan Aneh Lucinta Luna di Tahanan Diungkap Polwan Ini, Pacar Abash Itu Ternyata Doyan Begini

Sorotan Media Malaysia Soal Suami BCL, Ashraf Sinclair Meninggal Dunia, Raffi Ahmad Tulis Ini

VIDEO Puluhan Rumah di Cempaka Kalimantan Selatan Terendam Pascahujan Deras

BREAKING NEWS : Perahu Pencari Galam Terbalik, Korban Tenggelam di Sungai Barito Batola

Penjemputan dan pengantaran usai pulang sekolah dilakukan dua kali, untuk penjemputan diutamakan siswa yang rumahnya lebihjauh terlebih dulu agar tidak telat masuk sekolah. Sedangkan untuk pulang sekolah didahulukan yang lebih dekat. Dan siswa juga sudah hafal harus masuk yang angkutan pertama atau kedua.

“Kami selalu mengupayakan agar seluruh siswa tidak terlambat masuk sekolah dan memang jarang sekali, kecuali jika memang ada kendala dijalan, ingin datang menjemput lebih pagi para siswa juga belum siap jika dijemput jam 06.00 wita,” ujarnya.

Fahrial menambahkan untuk jumlah armada dengan siswa yang harus diantar memang masih belum sesuai, saat ini hanya mengantar siswa yang memang tidak bisa diantar oleh pihak keluarga. Untuk pulang sekolah siswa mengetahui bahwa titik parkit para angkutan menggunakan lantai satu pasar Barunak Tanjung.

“Siswa sudah tau saat pulang langsung menuju ke parkir pasar Barunak, sedangkan pada hari kamis dan jumat ketika tempat yang bisa digunakan parkir beralih fungsi untuk pasar maka angkutan umum akan menunggu di bahu jalan,” ujarnya.

Mereka berharap ada tempat khusus bagi para angkutan umum, baik untuk menunggu penumpang umum maupun menunggu siswa pulang sekolah.

Dalam satu hari seluruh supir harus memutar pada trayek yang telah ditentukan minimal 90 kilometer perhari. Untuk bensin sudah disediakan dari Dinas Perhubungan dan mereka digaji perbulan sekitar Rp 2 juta.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved