Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO Pawai Pelantikan 52 Kepala Desa di Kabupaten Tanahlaut Dimeriahkan Drum Band

VIDEO Pawai Pelantikan 52 Kepala Desa di Kabupaten Tanahlaut Dimeriahkan Drum Band

Penulis: Milna Sari | Editor: Didik Triomarsidi

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Menarik dalam pelantikan kepala desa dari 52 desa di Kabupaten Tanahlaut Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (19/2/2020) di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari.

Sebelum pelaksanaan pelantikan kepala desa melakukan parade atau pawai dengan diiringi dengan drumband dari GOR Berseri menuju Balairung Tuntung Pandang Pelaihari. Tawa bahagia pun terpancar di wajah pemimpin yang sudah dipilih warga Desember lalu.

Tak hanya itu, usai pawai, kepala desa juga dilantik satu persatu oleh Bupati Tanahlaut H Sukamta bersama wakilnya Abdi Rahman.

"Senang ya, karena pelantikan kepala desa ini meriah," ujar Kades Benua Raya, Kecamatan Bati-bati, Sailil Irpan yang juga dilantik kepada banjarmasinpost.co.id.

Waspada! Maling Sepeda Motor Marak di HST, Buktinya 7 Pelaku Diamankan Dalam Operasi Jaran Intan

VIDEO Tujuh PSK di Eks Lokalisasi Pembatuan Kembali Diamankan Polsek Banjarbaru Barat

Tangis Histeris BCL Pecah Saat Sosok Ini Ungkap Polah Ashraf Sinclair, Ayah Noah Sinclair Buat Ini

Sementara Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanahlaut, Gatot Subagio mengatakan baru tahun ini diadakan pelantikan seperti itu. Sebelumnya hanya seremonial maju serentak untuk dilantik.

Selanjutnya terang Gatot pelaksanaan pemilu Kades bakal kembali diadakan di 2021 nanti.

"Ada sekitar 20 lebih desa yang melaksanakan Pilkades di 2021 nanti," tambahnya.

Sementara Bupati Tanahlaut H Sukamta dalam sambutannya mengatakan memang sengaja mengadakan pawai dan pelantikan khusus bagi kades terpilih 2020 ini karena kades bukan jabatan biasa.

Jabatan kepala desa sebutnya merupakan amanah oleh rakyat karena terpilih dari Pemilu. Selain itu juga ada tanggungjawab besar ditangan seorang pembakal.

Tak hanya tanggungjawab, Kepala Desa sebutnya juga diamanahi dana yang juga besar. Dana desa sebutnya bisa mencapai Rp 1,5 miliar. Sedangkan jika dibandingkan dengan dana kecamatan ungkapnya dua kali lipat dibawahnya.

"Makanya sempat ada camat yang mau mencalon kepala desa," sebutnya.

Namun dana desa adalah sebutnya adalah dana yang digunakan untuk membangun kampung dan mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat bukan digunakan untuk diri sendiri.

"Selamat kepada kades yang dilantik, selamat bertugas dan segera merealisasikan yang sudah direncanakan di APBDes sehingga pertumbuhan ekonomi di desa benar-benar bergerak dan kesejahteraan masyarakat kita segera tercapai," ujarnya usai acara.

Ia juga mengingatkan kepala desa agar berhati-hati dalam penggunaan APBDes karena dalam penggunaannya ada sembilan institusi yang mengawasi penggunaannya.(banjarmasinpost.co.id /milnasari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved