Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO Pelayanan Tera di Pasar Manuntung Berseri Tanahlaut, Timbangan Meja Paling Banyak Keliru

VIDEO Pelayanan Tera di Pasar Manuntung Berseri Tanahlaut, Timbangan Meja Paling Banyak Keliru

Penulis: Milna Sari | Editor: Didik Triomarsidi

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pelayanan tera timbangan kembali diadakan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan Kabupaten Tanahlaut di los ikan Pasar Manuntung Berseri Pelaihari.

Sejak dibuka pada hari pertama, di hari kedua Rabu (19/2/2020) pedagang masoh terus berdatangan untuk menera timbangannya. Mulai dari timbangan emas, timbangan tepung hingga timbangan meja didatangkan pedagang untuk mengecek ketepatan timbangan.

Menarik terang Plt Kasi Pelaksanaan dan Pelayanan Kemetrologian Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan Kabupaten Tanahlaut, Nuzuli Rahmat dalam sehari kemarin sudah ada 25 timbangan yang diuji tera oleh pedagang. Sementara di hari kedua jumah timbangan yang disetorkan pedagang menjadi lebih banyak.

Kebanyakan timbangan yang banyak diuji tera oleh pedagang adalah timvangan meja atau dacing dan timbangan emas.

Tangis Histeris BCL Pecah Saat Sosok Ini Ungkap Polah Ashraf Sinclair, Ayah Noah Sinclair Buat Ini

VIDEO Tujuh PSK di Eks Lokalisasi Pembatuan Kembali Diamankan Polsek Banjarbaru Barat

Waspada! Maling Sepeda Motor Marak di HST, Buktinya 7 Pelaku Diamankan Dalam Operasi Jaran Intan

VIDEO Wisata Baru di Kabupaten Tabalong, Namanya Danau Walet dan Lokasinya di Tempat Ini

"Timbangan meja dan timbangan emas yang banyak," sebut juru timbang satu-satunya di Kabupaten Tanahlaut ini.

Terkait yang paling banyak keliru, ungkap Nuzuli adalah timbangan meja atau dacing. Dikarenakan terlalu sering atau bahkan sudah terlalu lama dipakai sebut Nuzuli banyak timbangan meja yang ditera oleh pedagang keliru timbangannya.

Kekeliruan pada timbangan tersebut ungkap Nuzuli justeru nantinya bisa merupakan salah satu pihak.

"Bisa pembeli atau konsumen yang dirugikan tapi bisa juga malah pedagangnya yang rugi karena timbangannya keliru, makanya demi ketepatan timbangan lebih baik ditera," jelasnya.

Tarif tera timbangan terangnya juga sudah diatur oleh peraturan daerah sehingga tidak mungkin ada tarif berlebih. Biaya tarif mulai dari Rp 3 ribu dan seterusnya.

Jumlah timbangan yang terdata Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan Kabupaten Tanahlaut sendiri di 2019 tambahnya ada sekitar 500 timbangan.

"Bagi yang belum sempat menera di pasar bisa sehari-hari di kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan Kabupaten, tarifnya juga tetap sama saja dengan di pasar," tambahnya.

Usai ditera timbangan pun dipasang stiker yang sudah dibuat oleh Dinas. Petugas juga membubuhkan tanda lilin merah di timbangan.(banjarmasinpost.co.id /milnasari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved